Politik Pemerintahan

Sampai Hari Terakhir, Hanya 2 Paslon yang Mendaftar di Pilkada Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik, Akhmad Roni mengatakan hingga malam ini, atau hari ini (6/9) hanya ada dua pasangan calon (Paslon) yang mendaftarkan diri sebagai Cabup, dan Cawabup di Pilkada Gresik 2020.

Kedua paslon itu adalah pasangan H.Fandi Akhmad Yanj (Gus Yani) dan Hj.Aminatun Habibah (Bu Min) atau
NIAT serta pasangan M.Qosim dan dr Asluchul Alief (QA).

“Sampai malam atau hari terakhir hanya dua paslon yang secara resmi mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati,” ujar Ketua KPU Gresik Akhmad Roni, Minggu (6/09/2020).

Pasangan NIAT didukung enam partai politik. Di antaranya partai Golkar, PDIP, Nasdem, Demokrat, PAN, dan PPP. Sementara pasangan QA didukung partai PKB dan Gerindra.

Di hari terakhir pendaftaran, tim pemenangan NIAT sempat mempersoalkan kelengkapan pendaftaran yang ditujukan ke tim AQ.

Menurut tim Hukum dan Advokasi pasangan NIAT Irfan Choirie, pihaknya mempertanyakan surat pengunduran diri mantan Wakil Ketua DPRD Gresik, dr Asluchul Alief yang tidak dilengkapi tanda terima.

Menanggapi hal ini, Komisioner KPU Gresik Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu, Elvita Yulianty menuturkan, surat pengunduran diri itu tidak menjadi syarat mutlak persyaratan pendaftaran.

“Bacalon hanya diharuskan mencentang pilihan akan mengundurkan diri. Bila mana ditetapkan sebagai calon,” tuturnya.

Masih menurut Elvita, surat pengunduran diri itu dilengkapi selambat-lambatnya lima hari setelah penetapan.

Saat ditanya terkait adanya aturan pada surat keputusan KPU RI nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020 tentang Pedoman Teknis Pendaftaran, Penelitian dan Perbaikan Dokumen Persyaratan, Penetapan, Serta Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati. Dijelaskan Elvita, aturan tersebut masih bersifat general dan umum.

“Dari aturan tersebut ada juknis tersendiri yang lebih spesifikasi,” pungkasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar