Politik Pemerintahan

Debat Putaran III Pilkada Jember

Sama-Sama Cawabup Jember, Kiai dan Santri Sepakati Ini Soal Pancasila

Jember (beritajatim.com) – Calon wakil bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman dan calon wakil bupati Ifan Ariadna sama-sama sepakat menguatkan Pancasila untuk generasi muda di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Firjaun adalah pengasuh Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Putra dan Ifan adalah salah satu santrinya. Mereka bertemu dalam dalam debat publik putaran ketiga Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur, di Surabaya, Selasa (1/12/2020) malam. Firjaun mendampingi calon bupati Hendy Siswanto dan Ifan mendampingi calon bupati Abdus Salam.

Firjaun berjanji akan memberdayakan tokoh agama dan masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang nilai-nilai luhur Pancasila. Dia mengatakan, Pancasila tidak bertentangan dengan agama. “Dan ini sudah terbukti sebagai perekat bangsa,” jelasnya.

“Pancasila adalah konsensus luar biasa sebagai perekat bangsa. Oleh karena itu pemahaman nilai-nilai luhur Pancasila perlu disosialisasikan kepada generasi muda, agar mereka tidak terkontaminasi pikiran-pikiran luar transnasional,” kata Firjaun.

NKRI wajib dipertahankan. “Jika kami jadi, NKRI akan semakin kuat dan kokoh, dan generasi muda akan jadi calon pemimpin ke depan untuk membentengi NKRI,” kata Firjaun.

Sementara itu, calon wakil bupati lainnya Ifan Ariadna mengatakan, pancasila adalah kesepakatan bersama menjadi dasar negara Indonesia. Namun pemahaman atas nilai-nilai tersebut saat ini tidak sekuat dulu lagi.

“Ini tantangan bagi kita semua. Namun sebagai pemuda, kita harus memberi jawaban dan solusi atas tantangan ini. Pancasila harus bisa berada dalam hati dan pikiran kita,” katanya. Negara Kesatuan RI adalah harga mati. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar