Politik Pemerintahan

Sakit di Tanah Suci, Jemaah Haji Sumenep Dilarikan ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia

Sumenep (beritajatim.com) – Jemaah Calon Haji Sumenep yang tergabung dalam kloter 06 dan 07, secara umum dalam kondisi sehat. Namun ada beberapa jemaah yang jatuh sakit.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, pada umumnya para jemaah sehat. Hanya ssja ada beberapa jemaah lanjut usia yang sakit, sehingga harus dikirim ke KHI (Kantor Kesehatan Haji Indonesia),” kata Kasi Haji dan Umroh, Kementrian Agama (Kemenag) Sumenep, H. Moh. Rifa’i Hasyim, Kamis (11/07/2019).

Ia menjelaskan, saat ini, Jemaah Cslon Haji asal Sumenep sedang berada di Madinah. Mereka melakukan ziarah, salah satunya ke Masjid Kiblatain, Masjid Kuba, Jabal Uhud dan Kebun Kurma.

“Hari ini jadwal untuk kloter 7, kalau kloter 6 kayaknya sudah kemarin,” ucap Rifai.

Selain itu, para jemaah juga dikumpulkan untuk diberikan wawasan oleh pendamping tentang perlindungan diri selama menjalankan ibadah.

“Suhu udara di tanah suci berbeda jauh dengan di tanah air. Saat ini suhu udara sangat tinggi. Karena itu, para jemaah harus harus menggunakan kacamata hitam, kemudian sandal dan topi,” terangnya.

Total Jemaah Calon Haji asal Sumenep tahun 2019 sebanyak 752 orang. Para jemaah tersebut terbagi atas dua kloter yakni kloter 06 sebanyak 445 orang dan kloter 07 sebanyak 307 orang. Untuk kloter 06, seluruhnya merupakan warga Sumenep. Sedangkan untuk kloter 07 merupakan gabungan jemaah haji asal Sumenep dan Surabaya. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar