Politik Pemerintahan

Sah, RPJMD Gresik Disepakati

Gresik (beritajatim.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik akhirnya mengesahkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Pengesahan dilakukan dalam rapat paripurna penandatanganan nota kesepakatan, Rabu (5/05/2021).

Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir mengatakan disepakatinya RPJMD karena pemerintah mau memperbaharui data eksisting sebagai pijakan analisis data statistik dan deskriptif.

“Kami menyetujui dengan catatan. Berdasarkan analisis potensi daerah, pertumbuhan ekonomi, serta tren pertumbuhan dan proyeksi realisasi pendapatan, belanja dan pembiayaan dalam APBD,” katanya.

Ia menambahkan, selain perbaharuan data eksisting, pemerintah juga mau melakukan penyesuaian atas redaksional penentuan isu-isu strategis pembangunan.

“Kami berharap dengan penyesuaian tersebut berdasarkan hasil analisis pokok permasalahan daerah yang menjadi isu nasional,” imbuhnya.

Menurut dia, pemerintah juga akan melakukan penambahan materi berupa keterkaitan tujuan, sasaran dan indikator serta target dalam pencapaian misi RPJMD. Sehingga dapat tersaji jelas keterikatan, hubungan dan rasionalitasnya.

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengajak agar semua pihak dapat mengawal pembahasan RPJMD hingga digedok mendatang. RPJMD ini harus mampu mengurai permasalahan dan merumuskan solusinya.

“Mari bersama-sama kita kawal pembahasan RPJMD ini demi pembangunan ekonomi serta kesejahteraan sesuai dengan program kami nawa karsa,” pungkasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar