Politik Pemerintahan

Sah! Machfud Arifin-Mujiaman dan Eri Cahyadi-Armuji Bertarung di Pilwali Surabaya 2020

Surabaya (beritajatim.com) – Pilwali Surabaya resmi diikuti oleh dua pasang calon. Keduanya adalah pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dan Eri Cahyadi-Armuji.

Keputusan itu diumumkan oleh Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi pada hari Rabu (23/9/2020) di Kantor KPU Surabaya.

“Tanggal 23 September berdasarkan PKPU, adalah tahapan penetapan paslon. Berdasarkan verifikasi administrasi sudah kami sampaikan ke masing-masing Bapaslon. Begitu juga dengan hasil verfikasi administrasi perbaikan,” ujar Nur Syamsi.

“Hasilnya, Bapaslon yang mendaftar tanggal 4 memenuhi syarat. Begitu pun Bapaslon yang mendaftar tanggal 6 sudah dinyatakan memenuhi syarat,” lanjutnya.

Dengan demikian, menurut Nur Syamsi, berdasarkan rapat pleno Komisioner KPU, keduanya ditetapkan sebagai Paslon.

“Kami melakukan pleno, berdasarkan keputusan, kedua bapaslon telah ditetapkan sebagai paslon. Keduanya menjadi Paslon Pilwali Surabaya 2020,” tegasnya.

Terkait simpang siur kondisi kesehatan, Nur Syamsi pun memastikan jika hal itu sudah jelas. “Hasil pemeriksaan kesehatan kedua dinyatakan telah memenuhi syarat,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Nur Syamsi, masing-masing Paslon memiliki hak dan kewajiban. “1 hari usai ditetapkan, paslon wajib setor LADK serta rekenung khusus dana kampanye yang digunakan,” bebernya.

“3 hari kemudian, masing-masing Paslon berhak melakukan kampanye sesuai regulasi yang ditetapkan,” pungkas Nur Syamsi.

Sebagai informasi, pasangab Machfud Arifin-Mujiaman diusung oleh 8 partai. Masing-masing adalah PKB-GOLKAR-PKS-GERINDRA-NASDEM-DEMOKRAT-PAN-PPP.

Sedangkan pasangan Eri Cahyadi-Armuji diusung oleh 2 partai. Keduanya adalah PDIP dan PSI. [ifw/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar