Politik Pemerintahan

Sah, 3 Paslon Bersaing di Pilbup Mojokerto 2020

Ketiga paslon Pilbup Mojokerto 2020. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Melalui Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mojokerto Nomor : 308/PL.02.3-Kpt/3516/KPU-Kab/IX/2020, KPU Kabupaten Mojokerto menetapkan tiga pasangan calon (paslon) yang akan bersaing di Pemilihan Bupati (Pilbup) Mojokerto. Ini setelah hasil verifikasi syarat pencalonan dan pemeriksaan kesehatan ketiga Bakal Pasangan Calon (bapaslon) dinyatakan memenuhi syarat.

“Sesuai dengan jadwal yang tertuang di PKU tahapan, hari ini KPU Kabupaten Mojokerto menetapkan bakal pasangan calon yang sudah mendaftarkan diri di masa pendaftaran tanggal 4-6 September kemarin,” ungkap Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto, Achmad Arif, Rabu (23/9/2020).

Semua persyaratan bapaslon dan hasil pemeriksaan kesehatan terhadap ketiga bapaslon memenuhi syarat. Ini sesuai PKPU tentang tahapan dan jadwal, PKPU Nomor 5 Tahun 2020 dan PKPU Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pencalonan termasuk SK 394, KPU berdasarkan BAP yang sudah disampaikan ke bapaslon dan BAP perbaikan yang diterbitkan pada tanggal 22 September.

“Dari hasil verifikasi yang sudah kita lakukan dan sudah kita tuangkan BAP hasil tanggal 12 Februari September kemudian dilakukan kebaikan pada tanggal 22 September, KPU Kabupaten Mojokerto mengadakan pleno penetapan. Artinya bahwa dari ketiga paslon yang sudah mendaftar tersebut semuanya dinyatakan memenuhi syarat dan kita tetapkan hari ini,” katanya.

Masih kata Divisi Teknis ini, ketiga paslon ditetapkan sebagai peserta pemilihan serentak tahun 2020 di Kabupaten Mojokerto. KPU Kabupaten Mojokerto melalui rapat pleno penetapan ketiga bapaslon ditetapkan sebagai peserta Pilbup Mojokerto tahun 2020 di Kabupaten Mojokerto. Hasil rapat pleno tersebut disampaikan ke tiga paslon melalui aplikasi zoom.

Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto, Achmad Arif. [Foto: misti/bj.com]
“Setelah kita cocokan semua dan semuanya memenuhi indikator keabsahan sehingga kita jadikan ketiga bapaslon menjadi paslon. Sah (ada tiga paslon di Pilbup Mojokerto 2020). Setelah selesai rapat pleno penetapan, kita langsung melanjutkan pengumuman via aplikasi zoom kita undang ke tiga paslon dan Bawaslu. Kita bacakan SK Penetapan dari KPU,” ujarnya.

Penetapan ketiga paslon tersebut tertuang dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mojokerto Nomor : 308/PL.02.3-Kpt/3516/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetepan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto Tahun 2020. Pasca tahapan penetapan, KPU Kabupaten Mojokerto akan mengundang ketiga paslon beserta tim pengusung dan tim kampanye untuk hadir dalam pengundian nomor urut.

“Besok kita ke tahapan pengundian nomor urut melalui forum rapat pleno terbuka, kita undang paslon yang sudah ditetapkan bersama partai pengusung dan tim kampanyenya untuk mengikuti pengundian nomor urut yang rencananya digelar di Trawas,” pungkasnya.

Tiga paslon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto yang sudah ditetapkan KPU Kabupaten Mojokerto tersebut yakni pasangan petahana Pungkasiadi-Titik Masudah (Mas Pung-Mbak Titik), Ikhfina Fahmawati- Muhammad Al Barra (Ikbar) dan Yoko Priyono dan Choirunnisa (YONI). [tin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar