Politik Pemerintahan

Ruang Terbuka Hijau di Magetan Belum Ditambah, Ini Alasannya

Magetan (beritajatim.com) – Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Magetan masih belum bisa ditambah tahun ini. Alasan fokus pada Alun – Alun Magetan, Taman Fitness Stadion, dan juga wilayah kota.

Kini wilayah kota, jumlah RTH baru mencapai 4,76 persen dari luasan perkotaan dari yang seharusnya 20 persen.

”Luas perkotaan kami sekarang sudah 214,85 km persegi,” ungkap Yoyok Djoharsorianto, Kabid PSU, RTH dan Pertanahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Jumat (15/1/2021).

Ia menambahkan, untuk seluruh luasan wilayah Magetan yakni baru mencapai 8,78 persen dari luas wilayah Magetan yang kini mencapai 25.325,45 hektar. Termasuk dengan kawasan hutan di beberapa wilayah Kecamatan yakni Kecamatan Poncol, Panekan, dan juga Plaosan. Dan untuk di sebagian kecamatan lain masih minim RTH.

”Meski ada juga RTH privat seperti di beberapa kompleks perumahan di Magetan,” katanya.

Selama ini untuk penambahan RTH perlu beberapa mekanisme. Salah satunya adalah membeli lahan. Namun, untuk saat ini anggaran untuk kegiatan tersebut masih minim. Sehingga, lebih baik terfokus pada revitalisasi Alun – Alun Magetan. Sekaligus, pembangunan tahap dua di taman fitness.

”Bisa jadi untuk alun – alun dana dikurangi lagi, padahal kami punya pekerjaan besar untuk memindah Tugu Pancasila ke tengah alun – alun,” jelasnya.

Selain itu, tahun ini bakal terfokus pada penambahan fasilitas – fasilitas yang ada di RTH tebon dan juga RTH Parang. Untuk RTH tebon bakal ditambah dengan bollard dan juga tempat duduk. Sementara untuk Taman Garuda di Parang lebih terfokus untuk membangun dan mengaktifkan saluran irigasi. ”Ground tank masih kosong, pasokan airnya sduah kami buatkan,” ungkapnya.

Meski ada beberapa RTH lain yang belum tuntas pembangunannya. Di beberapa kelurahan yang memiliki lahan cukup luas, akan dibangun RTH.

Di tahun sebelumnya sudah ada RTH di Kelurahan Mranggen yang selesai dibangun. Untuk tahun depan pihaknya masih akan mencari beberapa tempat yang cocok.

“Sudah ada beberapa wilayah kelurahan, tapi kami belum pastikan akan menambah luasan pada jumlah berapa,” tutupnya.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar