Politik Pemerintahan

Rp 358 Juta Dihibahkan untuk Tukang Becak di Ponorogo

Bertranformasi: Becak akan dipercantik tampilannya guna mendukung diadakannya becak wisata di Ponorogo.(foto: Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Berkah akhir tahun diterima oleh para tukang becak di Ponorogo. Mereka yang tergabung dalam paguyuban tukang becak kayuh Suromenggolo mendapatkan dana hibah dari Pemkab Ponorogo senilai Rp 358 juta. Uang sebanyak itu akan dibagi kepada 388 anggota paguyuban untuk mempercantik becaknya.

”Ada 388 orang, per becak nanti akan mendapat Rp 900 ribu yang akan diwujudkan barang,” kata Kepala Disperdagkum Ponorogo Addin Andanawarih, Senin (30/12/2019).

Addin sapaan akrabnya mengungkapkan barang itu meliputi pakaian khas Ponorogo Penadon, mantel, becak dicat seragam, dan sandaran kursi bergambar reyog. Itu dilakukan supaya tampilan becak akan tambah cantik. Karena kata Addin, Bupati Ipong menginginkan di Ponorogo ini ada becak wisata.

”Sehingga dana hibah itu guna mempercantik tampilan becak, karena di Ponorogo ini akan ada becak wisata,” katanya.

Tahun lalu sebenarnya para tukang becak ini menginginkan bantuan becak motor (bentor). Namun karena bentor dilarang beroperasi, dana hibah akhirnya diperuntukan untuk menghias becak kayuh supaya lebih menarik. Penerimaan dana hibah itu kata Addin, diwakili oleh 35 tukang becak yang berada di jalan-jalan protokol di bumi reyog.

”Tadi diputuskan untuk mempercantik becak paling lama 24 Januari 2019. Nah pada 25 Januarinya rencananya bakan dilaunching becak wisata Ponorogo oleh Bapak Bupati,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar