Politik Pemerintahan

Rp 205 M untuk Tambahan Penghasilan ASN Pemkab Jember

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim [foto: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, akhirnya mendapat tambahan penghasilan pegawai (TPP) yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021.

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Nomor 188/224/KPTS/013l/2020 tentang Hasil Evaluasi Raperda APBD Jember Tahun Anggaran 2021. tertanggal 23 April 2021. Gubernur menekankan agar pemberian tunjangan ini memperhatikan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Gubernur menyetujui TPP ASN. Jadi selama empat tahun kemarin, ASN di Jember tidak pernah mendapatkan TPP, insya Allah mulai tahun ini sejak APBD ditetapkan akan mendapatkan TPP,” kata Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim.

Penyediaan anggaran tarnbahan penghasilan ASN ini dianggarkan sebesar Rp 205,105 miliar atau 4,6 persen dari total belanja daerah yang mencapai Rp 4,448 triliun dalam Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Jember tentang APBD 2021.

Rincian obyek belanja tambahan penghasilan ini adalah tambahan berdasarkan bebar kerja ASN, tarnbahan penghasilan berdasarkan kelangkaan profesi ASN, dan tambahan penghasilan berdasarkan pertimbangan objektif lainnya ASN. Penganggarannya memperhatikan jumlah pegawai, aspek efektivitas, efisiensi, kepatutan, dan kewajaran penggunaan anggaran.

Dalam surat gubernur itu juga disebutkan, alokasi anggaran tambahan penghasilan berdasarkan pertirnbangan objektif lainnya ASN sebesar Rp 385,831 miliar. Rinciannya: belanja insentif bagi ASN atas pemungutan pajak daerah sebesar Rp 7,246 miliar, belanja Insentif pemungutan retribusi daerah sebesar Rp 1,946 miliar, dan belanja tunjangan profesi guru (TPG) sebesar Rp 290,084 miliar. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar