Politik Pemerintahan

Tinjau Potensi Ekonomi Lokal

Rombongan Kemenko Perekonomian Kunjungi Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Rombongan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Republik Indonesia, meninjau potensi ekonomi lokal di beberapa wilayah di kabupaten Pamekasa, Sabtu (31/8/2019) kemarin.

Para pejabat kementerian yang berkunjung ke Pamekasan, di antaranya Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Wahyu Utomo, Asisten Deputi Penataan Ruang dan Kawasan Strategis Ekonomi Dodi S Riyadi, Kepala Bidang Penataan Ruang Marcia dan Kasubbid Analisis Kebijakan Penataan Ruang Fauzia Suryani Puteri, dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan disambut langsung oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam bersama Sekda Pamekasan, Totok Hartono, didampingi sejumlah pejabat di lingkungan pemkab Pamekasan. “Kunjungan Kemenko ini khusus Pamekasan,” kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Pamekasan, Sigit Purnomo.

Usai menggelar ramah tamah di Mandepa Ronggosukowati Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, rombongan selanjutnya bergerak untuk meninjau lahan tebu di Desa Toket, Kecamatan Proppo. “Tanaman tebu di Pamekasan menjadi perhatian Kemenko, karena rendemennya tinggi dan rasanya lebih manis,” ungkapnya.

Bahkan tebu Madura (khususnya di Pamekasan) juga dinilai memiliki potensi ekonomi bagus, apabila nantinya berhasil dikembangkan dengan baik. Bahkan senilai dengan pendapatan petani tembakau. “Kami sudah lima tahun menanam tebu, untuk lahan sekitar 1 hektar lebih,” kata salah satu petani tebu, Abdul Majid.

Selain tanaman tebu, potensi lokal lainnya yang juga menjadi sasaran kunjungan Kemenko Perekonomian, yakni pengembangan ternak sapi, pelabuhan di Pantai Utara Pamekasan, serta produksi garam di Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

Sementara Bupati Badrut Tamam menyampaikan kunjungan rombongan kemenko sebagai salah satu ikhtiar untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan di Bumi Gerbang Salam. “Ini merupakan salah satu upaya kami untuk memperjuangkan Pamekasan Rajjhe, Bhejre tor Parjhuge,” ungkapnya.

“Tidak kalah penting, Pamekasan Hebat yang rakyatnya bersyukur atas segala nikmat, rakyat semakin makmur, pembangunan yang merata dan berkeadilan, serta pemerintahan yang melayani. Sebagai pelayanan umat, kami senantiasa berjuang demi kesejahteraan rakyat,” pungkasnya. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar