Politik Pemerintahan

RKPD Pamekasan 2022 Fokus Pada Program Prioritas Bupati

Kepala Bappeda Pamekasan, Taufikurrahman mempresentasikan gagasan program dalam Forum Konsultasi Publik Rencana Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 di Ruang Wahana Bina Praja Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jl Kabupaten 107 Pamekasan, Jum’at (12/3/2021). [Foto: beritajatim.com]

Pamekasan (beritajatim.com) – Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan Tahun Anggaran 2022, difokuskan pada program prioritas Bupati Badrut Tamam.

Hal tersebut merupakan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD yang digelar di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1, Rabu (17/3/2021) kemarin.  Sekaligus tindak lanjut dari Forum Konsultasi Publik Rencana Awal RKPD 2022 di Ruang Wahana Bina Praja Pemkab Pamekasan, Jl Kabupaten 107, Jum’at (12/3/2021) lalu.

“Musrenbang RKPD sebagai acuan melaksanakan program pemerintah untuk Tahun Anggaran 2022, tentunya sesuai dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang sudah disusun pada awal kepemimpinan Pak Bupati (Badrut Tamam),” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pamekasan, Taufikurrahman, Kamis (18/3/2021).

Bahkan dalam musyawarah tersebut juga menitikberatkan pada pemulihan sektor kesehatan seiring dengan adanya pandemi Coronavirus Disiase 2019, sekaligus pemulihan sektor ekonomi masyarakat melalui program WiraUsaha Baru (WUB) alias Saputangan Biru.

Baca Juga:

    “Jadi fokusnya tetap penguatan program (prioritas) Pak Bupati yang memang secara esensi sudah masuk semua. Seperti WUB, kredit nol persen yang semuanya sudah jalan. Tetapi itu kan butuh penguatan biar nanti di 2022 bisa naik,” ungkap Pak Taufik, sapaan akrab Taufikurrahman.

    Tidak hanya itu, penguatan ekonomi juga menjadi sebuah keniscayaan setelah sekian lama berputar lambat seiring dengan pandemi Covid-19. Sehingga memaksimalkan beberapa sektor yang ditargetkan pada 2022 di Pamekasan menjadi tuntas.

    “Kita berharap Covid-19 di Pamekasan pada 2021 ini segera tuntas dengan vaksinasi, karena di 2022 kita mentargetkan beberapa indikator itu naik. Seperti pertumbuhan kita targetkan sesuai dengan yang ada di RPJMD, pemulihan ekonomi dan kesehatan. Penunjangnya adalah penguatan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas infrastruktur,” jelasnya.

    Bahkan dalam menggarap RKPD 2022, pihaknya juga sengaja melibatkan banyak unsur untuk memberikan masukan konstruktif demi meningkatkan pembangunan beragam sektor di Pamekasan. Terlebih dengan adanya pandemi yang sebelumnya tidak diduga dan diperkirakan.

    “Jadi starting kita ke depan fokus mendorong pertumbuhan lagi, kalau tidak pertumbuhan seperti sekarang ini kan tidak bisa, perlu penyesuaian dan nanti ada perubahan RPJMD. Tetapi Tetap lima program prioritas itu, kita menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi,” pungkasnya.

    Sebelumnya Bupati Badrut Tamam berharap daerah yang dipimpinnya dapat segera mewujudkan Top Of Mind, guna mendukung sekaligus menunjang berbagai sektor pembangunan di Pamekasan. Sekalipun saat ini beragam program yang digagas sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

    Lima program prioritas yang digagas pemerintah di bawah kepemimpinan Bupati Badrut Tamam, meliputi bidang reformasi birokrasi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan bidang ekonomi. Bahkan semua program tersebut dianggap tidak ada yang nomor dua dan semuanya dianggap program nomor satu.

    Terlebih dari beragam program prioritas tersebut, juga mulai memberikan dampak positif bagi masyarakat. Seperti sektor ekonomi dengan program WUB, sektor kesehatan melalui program Pamekasan Call Care dengan Mobil Sigap, sektor pendidikan dengan program beasiswa santri, serta pembangunan infrastruktur yang merata dan berkeadilan. [pin/kun]



    Apa Reaksi Anda?

    Komentar

    beritajatim Foto

    Air Terjun Telunjuk Raung

    Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk