Politik Pemerintahan

Resmi Bebas, Ahmad Dhani Mampu Dobrak Iklim Politik Jelang Pilwali Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Politisi sekaligus musisi Ahmad Dhani, resmi bebas dari Rutan Cipinang, Senin (30/12/2019). Sempat meramaikan bursa Pilwali Surabaya 2020, bagaimana peluang pentolan grup band Dewa 19 itu sekarang?

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam berpendapat jika Ahmad Dhani bakal mampu mendobrak iklim politik jelang pilwali yang selama ini adem ayem. “Ahmad Dhani jika serius mau maju karena artis akan membuat Pilwali Surabaya kembali riuh dan tidak adem ayem,” ujarnya.

“Jika berhitung peluang ya harus diakui butuh daya kejut yangg banyak dan dalam tempo singkat tentu itu berat juga bisa dilakukan Ahmad Dhani. Lepas dari pro kontra saya pikir kehadiran Ahmad Dhani tetap harus disambut positif,” ujar Rokim.

Di sisi lain, M. Kholid Asyadulloh, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surabaya mengungkapkan jika status Dhani sebagai mantan terpidana bisa menjadi ganjalan jika Ia hendak berkontestasi. Status Dhani yang juga tengah menjalani hukuman percobaan diperkirakan turut jadi masalah.

Diketahui, Adapun pidana kedua Dhani terkait dengan pelanggaran UU ITE. Dia dilaporkan oleh aktivis Koalisi Bela NKRI karena dinilai menyampaikan ujaran kebencian dalam sebuah vlog ketika suami Mulan Jameela itu menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya, 26 Agustus 2018. Atas laporan tersebut, Dhani menjalani sidang, kemudian divonis 1 tahun penjara oleh majelis hakim. Namun, Pengadilan Tinggi Jawa Timur meringankan hukuman Dhani menjadi hukuman percobaan selama 6 bulan.

“Kalau mengacu pada putusan MK terkait PKPU, baru bisa setelah 5 tahun usai menjalani masa hukuman. Selain itu, hukuman percobaan ini kan terpidana juga. Masih menjadi terpidana walau tidak ditahan,” ujar Kholid.

“Tapi, itu semua secara normatif. Kalau untuk detailnya, kami di KPU Surabaya masih menunggu petunjuk KPU RI melalui PKPU yang baru. Itu (PKPU baru) akan segera terbit,” tambahnya.

Sementara itu, Ahmad Dhani mengungkapkan jika dirinya tidak berminat maju di Pilwali Surabaya. Hal itu dikatakan oleh Siti Rafika Hardhiansari yang merupakan Ketua Tim Pemenangan Ahmad Dhani utk DPR RI 2019-2024 kemarin. “Mas Dhani gak mau maju Pilkada Mas. Fix 1 juta persen. Waktu itu dia bilang begitu kepada saya,” pungkas Fika, sapaan akrabnya. [ifw/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar