Politik Pemerintahan

Resep Sandiaga untuk Generasi Milenial Hadapi Radikalisme

Jember (beritajatim.com) – Sandiaga Uno, pengusaha dan mantan wakil gubernur DKI Jakarta Raya, menyebut pentingnya peran wirausaha dan perbaikan peluang ekonomi bagi generasi milenial untuk menghadapi radikalisme ideologi.

“Masalah ekonomi, masalah ketidakadilan, dan masalah kesenjangan yang selama ini menjadi pemicu radikalisme bisa disolusikan dengan kegiatan-kegiatan positif milenial, membuka lapangan kerja, dan menciptakan peluang usaha,” kata Sandiaga, usai menghadiri acara Ngobrol Bareng Sandiaga Uno yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, dan Kamar Dagang dan Industri, di Hotel Aston, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (30/11/2019).

Menurut Sandiaga, generasi milenial mendominasi populasi di Indonesia. “Semakin menuju 2045 di mana Indonesia diharapkan menjadi lima besar ekonomi dunia, jumlah generasi milenial sebagai bonus demografi kita semakin besar,” katanya.

Generasi milenial berbeda dengan generasi sebelumnya. “Mereka hidup dalam ekonomi digital. Mereka lahir dengan gadget-gadget, dan sangat fasih dengan inovasi. Mereka ini optimistis dengan masa depannya, dan 66 persen dari mereka ingin memulai usaha sendiri,” kata Sandiaga. Hal ini diharapkan mampu menjadi peluang bagi Indonesia berkembang dengan menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

“Kita harus pastikan generasi milenial ini mendapatkan peluang lapangan kerja yang berkualitas. Dan itu bisa kita dorong melalui entrepreneurship,” kata Sandiaga. Program OK Oce yang digagas dan digerakkannya bisa memberikan semangat baru. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar