Politik Pemerintahan

Renovasi RTLH, Cara TNI Merawat Budaya Gotong Royong

Bojonegoro (beritajatim.com) – Prajurit Kodim 0813 Bojonegoro menggelar Karya Bakti Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Program tersebut diperuntukkan bagi warga kurang mampu dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020.

Pelaksanaan program tersebut menurut Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, juga sebagai wujud merawat budaya gotong royong. Sehingga pengerjaannya juga melibatkan masyarakat setempat.

Salah satu sasaran dalam karya bakti adalah rumah miliki Kertodamin (90) warga Desa Sumberarum RT 008/RW 003 Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Kondisi rumah Kertodamin sebelumnya berukuran 9 x 4 meter dengan berlantaikan tanah dan dinding papan terbuat dari bambu, sehingga kondisinya sangat tidak layak huni.

Beberapa kayu tiang penyangga rumah sudah lapuk dimakan usia, begitu juga dengan dindingnya banyak yang berlubang. Sementara, Bapak Kertodamin yang sudah berumur senja ini menempati rumah bersama anak kandungnya, Ibu Murtini berusia 60 tahun.

“Renovasi RTLH ini merupakan bantuan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andhika Perkasa dalam rangka menyongsong peringatan 75 tahun Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, sekaligus sebagai wujud kepedulian TNI terhadap warga masyarakat kurang mampu,” terang Letkol Inf Bambang Hariyanto, Minggu (2/8/2020).

Hari ini, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, mendampingi Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M Dariyanto, meninjau pelaksanaan Karya Bakti Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tersebut.

Danrem 082/CPYJ, mengharapkan dengan direhabnya rumah ini, bapak Kertodamin beserta keluarganya akan lebih nyaman dan aman menempati rumah tersebut. Serta dapat merawat rumah rumahnya dengan baik. “Semoga nantinya kehidupan bapak Kertodamin akan lebih baik dari saat ini,” pungkas Kolonel Inf M. Dariyanto. [lus/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar