Politik Pemerintahan

Rencana Pemekaran Wilayah, Ponorogo Akan Ada Dua Kecamatan Baru

Kantor Pemerintah Kabupaten Ponorogo di Alun-alun Utara, Kelurahan Mangkujayan.


Ponorogo (beritajatim.com)
– Rencana Pemkab Ponorogo untuk pemekaran wilayah sepertinya akan segera terealisasi. Pasalnya akan ada dua kecamatan baru nantinya, yakni Kecamatan Kota Lama dan Kecamatan Sumberejo.

Kabag Administrasi Pemerintahan Umum Pemkab Ponorogo Eko Edi Suprapto mengungkapkan saat ini sedang melakukan kajian teknis terkait perencanaan pembangunan di masing-masing bakal ibukota kecamatan baru. Karena pasti membutuhkan lahan dan uang yang tidak sedikit.

”Realisasinya paling cepat dimulai tahun depan, rencananya Kecamatan Sumberejo dan Kecamatan Kota Lama,” kata Eko, Minggu (18/8/2019).

Eko menyebut Kecamatan Sumberejo, mengambil nama Desa Sumberejo di Kecamatan Balong. Kecamatan tersebut rencananya akan mencakup 14 desa dari Kecamatan Balong, Jambon, serta Slahung. Sedangkan Kecamatan Kota Lama meliputi 11 kelurahan/desa di irisan Kecamatan Ponorogo, Siman, Babadan, dan Jenangan.

”Rencana pembangunan ibukota kecamatan baru di Kota Lama sudah hampir fixed. Kelurahan Singosaren kemungkinan besar akan didapuk sebagai wilayah ibukota kecamatan,” katanya.

Sementara itu, untuk Kecamatan Sumberejo, Pemkab masih memiliki dua yang tengah dikaji. Pertama, membangun seluruh kantor pemerintahan dan instansi terkait di Sumberejo. Meliputi kantor kecamatan, puskesmas, polsek, koramil, hingga kantor urusan agama (KUA). Opsi kedua, membangun kantor kecamatan saja di Sumberejo.

”Karena kantor lainnya dibangun di Desa Bulak, karena opsi kedua ini mempertimbangkan ketersediaan lahan untuk lapangan olahraga,” pungkasnya.(end/ted}

Apa Reaksi Anda?

Komentar