Politik Pemerintahan

Rekrutmen Tiga Kepala OPD Birokrasi Sampang Sepi Peminat

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sampang Arief Lukman Hidayat

Sampang (beritajatim.com) – Tiga hari sejak dibuka pendaftaran untuk pengisian tiga kursi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di birokrasi Kabupaten Sampang masih sepi peminat.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sampang, Arief Lukman Hidayat menyatakan, saat ini telah dibuka pendaftaran untuk pengisian kursi jabatan kepala OPD.

Diantaranya Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kepala Dinas Pertanian (Disperta).

“Sudah diumumkan dan dibuka pendaftarannya sejak Senin, 5 Oktober 2020 kemarin. Dan hari belum ada satupun PNS yang mendaftar,” terangnya, Rabu (7/10/2020).

Yoyok sapaan akrab Arief Lukman Hidayat menyatakan, belum satupun calon yang melamar dimungkinkan masih mempersiapkan berkas-berkas administrasinya. Jika para pelamar memenuhi syarat administrasi, maka akan dilakukan penilaian oleh tim Panitia Seleksi (Pansel) dari tujuh unsur melalui sistem Video Konferensi (Vidkon) dan langsung.

“Empat unsur pansel yang nanti melakukan penilaian melalui vidkon yaitu Kepala BKD Provinsi, Kepala BKN Regional II, Akdemisi dari Universitas Indonesia (UI) dan pusat. Sedangkan, pansel dengan penilaian langsung yaitu oleh Sekda, Tomas, pansel lainnya,” paparnya.

Selain itu, Yoyok kembali menjelaskan, apabila nantinya hanya ada dua pelamar saja, maka akan dibuka pendaftaran baru untuk OPD yang kosong dengan meminta izin kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Selain itu, pansel diperbolehkan mengundang pegawai dari kalangan ASN Sampang untuk ikut mendaftar dengan syarat meminta izin kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK)

“Namun nanti harus izin PPK atau Bupati. Dalam rekrutmen ini, yang bisa mengikutinya yaitu pegawai minimal pangkat golongan IVa serta pejabat administrator yaitu setingkat Kabid, Sekcam maupun Camat,” tandasnya.[sar/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar