Politik Pemerintahan

Rekor Pengambilan Sumpah Janji Anggota BPD di Gresik

Gresik (beritajatim.com)- Pengambilan sumpah dan janji anggota badan permusyawaratan desa (BPD) di Kabupaten Gresik memecahkan rekor. Pasalnya, ada 2.160 anggota BPD dari 305 desa dilantik secara bersamaan.

Sesuai aturan, dalam organisasi BPD minimal ada satu keterwakilan perempuan. Sedangkan dasar hukum adanya BPD mengacu pada Permendagri nomor 110 tahun 2016, serta Perda nomor 12 tahun 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Edi Hadisiswoyo mengatakan, pelantikan secara serentak anggota BPD ini pertama kalinya dilakukan. Kendati ada beberapa BPD yang beberapa hari lalu sudah dilakukan.

“Ini pertama kalinya kami melantik anggota BPD secara serentak,” katanya, Jumat (1/03/2019).

Sementara, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menuturkan, sebagai mitra pemerintah desa harus mampu membangun hubungan yang harmonis. Bekerjasama dalam pemerintahan desa.

“Kepada seluruh BPD kami ingin hubungan harmonis dengan pemerintah desa, termasuk dengan kepala desa. Sebab, BPD juga merupakan bagian dari pemerintah desa,” ujarnya.

Ia menambahkan, BPD mempunyai tiga fungsi menurut undang-undang. Antara lain, menyusun perdes (peraturan desa), menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta mengawasi kinerja pemerintah desa. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar