Politik Pemerintahan

Rekapitulasi Tingkat Kabupaten, Jalan Depan KPU Tuban Ditutup

Tuban (beritajatim.com) – Mulai pada pagi ini akses jalan Pramuka, khususnya depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban ditutup, Selasa (30/4/2019). Hal itu sebagai persiapan pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten.

Penutupan akses jalan tersebut bertujuan untuk sterilisasi dan pengamanan sekitar kantor KPU Tuban saat pelaksanaan rekapitulasi hasil Pemilu 2019. Penutupan bagian selatan Jalan Pramuka, Kota Tuban itu akan berlangsung selama proses rapat pleno berlangsung.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, penutupan untuk jalan Pramuka, dari sebelah selatan dimulai dari simpang empat Polres Tuban, sedangkan yang dari utara adalah depan Gang Sunan Giri atau belakang RSUD Dr R Koesma Tuban. Sehingga pengendara dialihkan menggunakan jalan lainnya.

“Penutupan jalan Pramuka dilakukan dengan tujuan supaya kita bisa menyekat kalau ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” terang Waka Polres Tuban Kompol Priyowasono,  yang langsung mengecek kesiapan pengamanan di Kantor KPU Tuban.

Penutupan jalan Pramuka dalam menghadapi pelaksanaan tahapan Pemilu berupa rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara itu akan dilakukan selama pelaksanaan rapat berlangsung. Dengan penutupan jalan, diharapkan kawasan sekitar kantor KPU benar-benar aman dan steril.

“Ini perkiraan akan berlangsung selama tiga hari. Namun, untuk penutupan jalan hanya dilakukan saat rapat pleno berlangsung. Kalau rapat pleno sudah selesai akan kita buka, dan begitu seterusnya sampai tahapan ini selesai,” tambahnya.

Dalam pengamanan proses rekapitulasi tersebut dilakukan dengan ketat, termasuk melibatkan sejumlah personel dari Polres Tuban dengan menggunakan senjata lengkap laras panjang. Sejumlah pihak yang akan ikut dalam kegiatan rapat pleno rekapitulasi di KPU Tuban akan dilakukan pemeriksaan secara ketat.

“Personel dari Polres Tuban yang kita libatkan ada sebanyak 110 orang dan juga dari rekan TNI. Terkait dengan penyekatan jalan Pramuka ini tidak sampai menganggu akses ke rumah sakit, karena pintu masuknya berada di selatan,” pungkasnya. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar