Politik Pemerintahan

Rekapitulasi Suara 14 Kecamatan di Jombang Belum Kelar

Jombang (beritajatim.com) – Proses rekapitulasi suara hasil Pemilu 17 April 2019 di Jombang terus berjalan. Hingga saat ini masih ada 14 kecamatan yang melakukan proses itu. Sedangkan tujuh kecamatan lainnya sudah selesai.

“Di Jombang total ada 21 kecamatan. Dari jumlah itu, 14 kecamatan belum kelar malakukan rekapitulasi, sedangkan tujuh kecamatan sudah rampung,” kata Ketua KPU Jombang Muhaimin Shofi, Rabu (24/4/2019).

Muhaimin menjelaskan, dari tujuh kecamatan yang sudah selesai melakukan penghitungan suara itu, tiga kecamatan diantaranya seluruh kotak suara sudah dikirim ke gudang KPU setempat. Tiga kecamatan itu adalah Ploso, Ngusikan dan Megaluh.

Sementara empat kecamatan yang sudah selesai tapi belum mengirim kotak suara adalah Plandaan, Kudu, Wonosalam dan Mojoagung. Logistik yang sudah dikirim ke KPU itu kemudian disimpan di gudang dengan penjagaan ketat aparat kepolisian.

Muhaimin mengungkapkan, selain karena memiliki wilayah yang lebih luas, faktor yang memperlambat proses rekapitulasi adalah adanya kekeliruan penulisan perolehan suara pada formulir C1 di beberapa TPS.

“Kami targetkan rekapitulasi selesai pada akhir April ini. Tahapan selanjutnya, rekapitulasi di tingkat Kabupaten. Rekap di kabupaten mulai 30 April 2019,” pungkas Muhaimin. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar