Politik Pemerintahan

Rekapitulasi Pilkada Gresik, Gus Yani Ungguli Qosim, Selisih 14.233 Suara

Gresik (beritajatim.com) – Pasangan Calon (Paslon) Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (NIAT) memenangi pertarungan Pilkada Gresik 2020. Paslon nomor urut 2 itu, berdasarkan rekapitulasi KPU Gresik, memperoleh 369.844 suara mengungguli paslon M.Qosim-Asluchul Alif (QA) yang mendapatkan 355.611 suara.

Dengan hasil di atas, rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil suara Pilkada Gresik yang diseleggarakan di salah satu hotel di Gresik telah tuntas.

Pada penghitungan suara di KPU, masing-masing paslon sama-sama menang di sembilan kecamatan. Namun, paslon NIAT unggul tipis dari petahana dengan selisih 14.233 suara.

Tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Gresik 2020 tercatat 745.229 pemilih menggunakan hak suaranya atau 80 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap.

Total jumlah surat suara 745.229. Dengan rincian, jumlah surat suara sah 725.455 Jumlah suara tidak sah 19.744.

“Penetapan paslon terpilih tidak bisa langsung ditetapkan, menunggu apakah ada permohonan di Mahkamah Konstitusi, Kami masih menunggu di MK apakah ada permohonan atau tidak. Kami masih menunggu Buku Registrasi Perkara Konstitusi,” katanya, Kamis (17/12/2020).

Setelah dibuat berita acara rekapitulasi, KPU Gresik memberikan waktu 3 x 24 jam kepada paslon untuk menyampaikan masa sanggah.

Roni menambahkan, tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Gresik yang tertinggi dibanding daerah lain di Jawa Timur. “Hitungan kami 81 persen, tertinggi di jawa timur,” imbuhnya.

Pasangan Gus Yani – Bu Min merupakan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh enam partai politik, yakni, PDIP, NasDem, PPP, Demokrat, PAN dan Golkar.

Pasangan yang disingkat Niat ini melawan pasangan calon nomor urut 01, Moh. Qosim – Asluchul Alif yang diusung dua partai, PKB dan Gerindra. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar