Politik Pemerintahan

Rekapitulasi Penghitungan Suara Rampung, Lindra-Riyadi Menangi Pilkada Tuban 2020

Tuban (beritajatim.com) – Pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Aditya Halindra Faridzki-Riyadi menang dalam Pilkada Tuban 2020 berdasarkan rapat pleno penghitungan suara tingkat kabupaten yang telah dilakukan KPU setempat, Selasa (15/12/2020).

Pasangan Lindra-Riyadi (DaDi) menang telak atas dua pasangan lainnya dalam proses pesta demokrasi yang telah berlangsung tanggal 9 Desember 2020 kemarin. Dalam proses rapat pleno rekapitulasi KPU Tuban, berjalan lancar tanpa adanya gejolak maupun temuan-temuan berarti.

Data yang dihimpun beritajatim.com, hasil perolehan suara tertinggi pada pelaksanaan Pilkada Tuban serentak 2020 ini setelah proses rekapitulasi adalah Paslon nomor 02. Yang mana Lindra-Riyadi itu berhasil mendapatkan suara sebanyak 423.236 suara dengan memenangkan suara hampir dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tuban.

Selanjutnya, Paslon yang mendapatkan suara terbanyak kedua adalah pasangan nomor urut 01 yakni Paslon Khozanah Hidayati-Muhammad Anwar dengan jumlah perolehan sebanyak 170.955 suara. Dan Paslon nomor urut 03 yakni Setiajit-Armaya memperoleh sebanyak 110.998 suara.

“Hari ini kita hanya sekedar menetapkan rekapitulasi hasil suara. Dan hasil suaranya yang unggul adalah Paslon nomor urut 02,” terang Kasmuri, selaku Plh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban.

Dalam pelaksanaan Pilkada Tuban 2020 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh KPU Tuban sebanyak 942.519 suara. Yang mana jumlah tersebut dengan rincian sebanyak 465.537 suara pemilih laki-laki dan pemilih perempuan sebanyak 476.982 suara.

“Alhamdulillah, dalam proses tahapan rekapitulasi tingkat kabupaten dari sebanyak 20 kecamatan berjalan lancar tanpa kendala berarti,” sambungnya setelah proses rapat pleno tersebut selesai dilaksanakan.

Sementara itu, Kasmuri menjelaskan bahwa tingkat partisipasi kehadiran masyarakat dalam menggunakan hak suaranya saat Pilkada Tuban 2020 mengalami peningkatan dibandingkan pada Pilkada Tuban 2015 lalu. Yang mana peningkatan jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada saat ini meningkat sekitar lebih dari 25 persen.

“Angka partisipasi masyarakat alhamdulillah mengalami peningkatan sekitar 25 persen, perkiraan kita tingkat kehadiran mencapai 75 persen. Ini merupakan hasil dari kerja keras semua pihak dalam mensosialisasikan semua tahapan yang dilakukan oleh KPU Tuban,” pungkasnya.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar