Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Regsosek 2022, Wujudkan Data Valid dan Akurat Untuk Pembangunan Lamongan Tepat Sasaran

Rapat Kordinasi Tingkat Kabupaten, pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, di Tanjung Kodok Beach Resort (TKBR) Kecamatan Paciran, Lamongan, Selasa (20/9/2022).

Lamongan (beritajatim.com) – Badan Pusat Statistik (BPS) Lamongan menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten sebagai pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, bertempat di Tanjung Kodok Beach Resort (TKBR) Kecamatan Paciran, Lamongan, pada Selasa (20/9/2022).

Menurut Kepala BPS Kabupaten Lamongan Bagyo Tri Laksono, pendataan awal Regsosek ini merupakan upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang bersifat sektoral, sehingga menjadi data yang terintegrasi dan akurat.

“Data sosial ekonomi ini mudah untuk dibagikan oleh semua Kementerian, Lembaga, Dinas, maupun Instansi, dalam rangka program perlindungan sosial dan juga pemberdayaan masyarakat,” ujar Bagyo, Selasa (20/9/2022).

Pihaknya juga menjelaskan, pendataan tersebut akan menghasilkan data terpadu, yang bukan hanya untuk program perlindungan sosial melainkan juga keseluruhan program yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah.

Selain itu, tambah Bagyo, pendataan ini juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Ia menyebut, Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

“Pengumpulan data dengan pendataan lapangan ini akan mulai dilaksanakan dari 15 Oktober hingga 14 November 2022. Oleh karena itu, mari dukung dan sukseskan pendataan awal registrasi sosial ekonomi Kabupaten Lamongan dengan turut memberikan data yang tepat dan benar,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang turut hadir dalam kegiatan ini mengajak kepada seluruh pihak terkait agar terus mensosialisasikan dan memberikan pengertian kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat bisa memberikan data secara benar dan tepat saat pendataan lapangan dilaksanakan.

Bupati Yuhronur menilai bahwa pendatangan lapangan tersebut sangat penting guna keperluan pembangunan nasional dan penyaluran bantuan yang tepat sasaran.

“Sosialisasikan kepada masyarakat, berilah pengertian kepada masyarakat, bahwa memberikan data yang benar, memberikan data yang tepat ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi keperluan pembangunan nasional kita,” kata Bupati Yuhronur.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Lamongan ini juga menuturkan, hingga saat ini masih ditemui berbagai persoalan tentang penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran. Sehingga, adanya pencatatan dan pendataan awal Regsosek tahun 2022 ini diharapkan mampu memunculkan data yang valid, yang terintegritas, dan dapat dipercaya.

“Kita selama ini untuk bantuan sosial hanya mengandalkan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Dengan adanya Regsosek ini tentu kita mempunyai satu data yang valid, yang berintegritas datanya, dan tentu dapat dipercaya. Kita sering menemukan banyak hal terkait dengan bantuan sosial, kadang ada yang merasa pantas menerima tapi tidak menerima, begitu juga sebaliknya, dan ini menjadi persoalan bagi kita. Nah, mudah-mudahan dengan adanya Regsosek yang akan kita wujudkan dari kegiatan ini nantinya akan memudahkan kita agar bantuan sosial dapat tepat sasaran,” paparnya.

Tak cukup itu, Bupati yang akrab disapa Bupati YES ini menegaskan bahwa Regsosek satu data ini juga sangat penting bagi pemerintah dalam pengambilan langkah kebijakan, pelaksanaan pemerintah, pembangunan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat khususnya di Kabupaten Lamongan. “Kunci utama keberhasilan kegiatan tersebut adalah peran kolaborasi dari semua pihak,” pungkasnya.[riq/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar