Politik Pemerintahan

Realisasi Pembangunan Kantor Baru KPU Pamekasan Tunggu NPHD

Komisioner KPU Pamekasan, dalam kegiatan pemutakhiran data pemilih di wilayah setempat.

Pamekasan (beritajatim.com) – Realisasi pembangunan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, di Jl Brawijaya, Kelurahan Juncangcang, Kecamatan Pamekasan, menunggu naskah perjanjian hibah daerah alias NPHD.

Seyogyanya kantor yang seringkali dilanda banjir akibat luapan kali, dijadwalkan dibangun pada 2020. Namun terpaksa ditunda akibat anggaran yang disediakan terimbas refocusing untuk penanganan pandemi Coronavirus Disiase 2019.

Terlebih keberadaan kantor baru memang sangat dibutuhkan dan mendesak, karena kondisi bangunan lama dinilai sangat kurang layak ditempati aktivitas perkantoran. Apalagi jika memasuki musim penghujan, kondisi kantor dapat dipastikan tergenang air.

“Rencananya memang tahun (2021) ini akan mulai dibangun, namun kami masih menunggu naskah perjanjian hibah daerah,” kata Ketua KPU Pamekasan, Mohammad Halili, Sabtu (13/2/2021).

Selain itu pihaknya mengaku intens menjalin komunikasi dan koordinasi bersama pihak terkait di lingkungan Pemkab Pamekasan, khususnya untuk membahas mengenai pagu anggaran pembangunan kantor baru. “Namun yang pasti, kami tidak memiliki wewenang untuk melakukan eksekusi untuk percepatan pembangunan,” ungkapnya.

“Kalau anggaran sudah jelas, sekitar Rp 3,7 Miliar seperti dengan tahun 2020 lalu. Tapi apakah ada refocusing anggaran atau tidak, kami belum tahu pasti karena hal ini memang masih belum final. Apalagi pengeksekusinya (pemilik wewenang) adalah pemkab,” jelasnya.

Bahkan hingga saat ini juga belum ada ketetapan pasti waktu pelaksanaan pembangunan, sekalipun pihaknya berharap dapat direalisasikan pada tahun ini. ‘Kami berharap pembangunan kantor baru dapat direalisasikan pada tahun ini, tujuannya untuk kelancaran aktivitas kantor,” harapnya. [pin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar