Politik Pemerintahan

Rayakan HUT Ke-11, NasDem Undang 299 UMKM untuk Bangkitkan Ekonomi

Surabaya (beritajatim.com) – Menyambut HUT ke 11, Partai NasDem sukses menggelar event Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yakni Nasdem UMKM Trade Show (NUTS) yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, mulai 9 November sampai 11 Nopember 2022.

Dalam pameran yang diinisiasi oleh Ketua DPW Partai NasDem Jatim, Sri Sajekti Sudjunadi ini, ratusan booth yang berasal dari belahan nusantara seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) hadir dengan beragam produk unggulanya.

Berbagai jenis makanan, minuman, karya seni, dan pakaian diperdagangkan dalam NUTS. Tak heran jika acara NUTS tahun ini berhasil mengundang antusiasme para kader, simpatisan Partai NasDem dan masyarakat umum.

Banyaknya UMKM yang berpartisipasi juga semakin menambah semarak event NUTS. Tercatat ada 299 UMKM yang ambil bagian. Dimana Jawa Timur menjadi penyumbang terbanyak dengan 207 peserta yang berasal dari beberapa kota atau kabupaten seperti Surabaya, Jombang, Jember hingga Banyuwangi.

Selama NUTS berlangsung tidak sedikit produk UMKM binaan DPW NasDem Jatim menjadi primadona. Sebut saja produk kopi dengan merk Kopine Jawa Timur yang laku keras selama pameran.

Bahkan booth yang menyediakan berbagai jenis kopi seperti roasted arabica coffee, roasted robusta coffee, roasted liberica coffe, green bean blue java robusta arum sukmo mencatatkan penjualan 100 persen hingga penutupan NUTS.

Menurut Sri Sajekti Sudjunadi, bukan hanya Kopine Jawa Timur produk UMKM Jatim yang laku keras selama NUTS berlangsung. Banyak juga pembeli baik dari dalam negeri maupun luar negeri membeli dan menjadi pelanggan tetap hasil karya UMKM binaan NasDem Jawa Timur.

“Bukan hanya Kopine Jawa Timur, beberapa produk lainnya juga diminati para buyers,” ujar Sri Sajekti Sudjunadi, Kamis (17/11/2022).

Sri Sajekti menjelaskan, NUTS merupakan upaya Partai NasDem dalam melakukan link and match bagi ratusan usaha UMKM dari berbagai wilayah di tanah air setelah pandemi Covid 19 pada tahun 2020 dan 2021.

Ketua Bidang Pameran NUTS, Lita Machfud Arifin mengaku senang dengan suksesnya penyelenggaraan NasDem UMKM Trade Show tahun ini. Menurut Lita Machfud Arifin, NUTS menjadi komitmen nyata dari Partai NasDem dalam mendukung perekonomian Indonesia dan juga kemajuan UMKM.

“Ini sebuah harapan, sebuah komitmen besar yang dibawa partai NasDem untuk lebih peduli dan menaruh atensi kepada palaku UMKM demi bangkitnya ekonomi nasional,” ujar Lita Machfud Arifin.

Lita Machfud Arifin menegaskan, UMKM memiliki peranan yang sangat signifikan dalam menopang perekonomian nasional. Bahkan pada 2021, usaha mikro kecil menengah memberikan sumbangsi 61 persen lebih terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

“Selama ini UMKM kerap dipandang sebelah mata. Padahal UMKM merupakan pahlawan yang menyelamatkan perekonomian bangsa,” tegas Bacaleg Partai NasDem untuk Dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo ini.

Lita Machfud Arifin menambahkan, ada banyak manfaat bagi para pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam NUTS. Salah satunya, pelaku usaha mikro kecil menengah memiliki kesempatan menawarkan dan mengembangkan produknya di tingkat nasional hingga internasional.

“Banyak buyer yang didatangkan dari beberapa kedutaan seperti Uni Emirat Arab (UEA), Oman, Mesir dan Kuwait. Banyak juga juga pengusaha cathering hingga perhotelan yang datang langsung ke pameran,” ujarnya.

Tidak mengherankan, jika kemudian banyak diantara para pelaku UMKM yang menanda tangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan di atas panggung dan kerjasama dari berbagai pihak selama NUTS berlangsung.

“Di Indonesia ada puluhan juta UMKM. NUTS diseleneggarakan dengan tujuan membawa karya UMKM dari seluruh tanah air ke Jakarta, untuk dipertemukan langsung dengan para pembeli,” pungkas Lita Machfud Arifin.[asg/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar