Politik Pemerintahan

Rayakan Hari Buruh dengan Deklarasi LKS Bipartit dan Tanam Pohon Sirsak

Jember (beritajatim.com) – Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara (SP-Bun) Unit Pabrik Gula Semboro di Kabupaten Jember, Jawa Timur, merayakan Hari Buruh dengan mendeklarasikan Lembaga Kerja Sama (LKS) bipartit dan menghijaukan lingkungan emplasemen pabrik.

“Penghijauan sudah dilakukan sejak pekan lalu dengan menanam seribu pohon sirsak yang melibatkan 2 unsur serikat pekerja, yaitu SP-Bun Unit PG Semboro dan Serikat Buruh Independen (SBI). Kalau deklarasi dan penandatanganan LKS dilakukan Jumat kemarin,” kata Ketua 1 SP-Bun Unit PG Semboro Izmaul Haqqi, Sabtu (2/5/2020).

Menurut Izmaul, kegiatan ini merupakan upaya sinergi antarserikat pekerja yang berkolaborasi dengan manajemen untuk menciptakan iklim kondusif di perusahaan. Sementara deklarasi Lembaga Kerjasama (LKS) bipartit dihadiri unsur dari pemerintah, akademisi, perwakilan manajemen dan perwakilan 2 serikat pekerja dan buruh.

PG Semboro dengan jumlah karyawan lebih dari seribu orang sudah memenuhi syarat untuk dibentuk LKS Bipartit. Dasar hukum pembentukan LKS Bipartit ini adalah Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 32 tahun 2008 tentang Tata cara Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Lembaga Kerjasama Bipartit.

Dalam siaran pers SP-Bun, pakar hukum Universitas Jember Aries Harianto berharap, LKS bipartit yang sudah dideklarasikan tidak berhenti sampai di situ saja. LKS Bipartit harus berperan sebagaimana mestinya, melakukan pertemuan secara periodik, mengomunikasikan kebijakan pengusaha dan aspirasi pekerja dalam rangka mencegah terjadinya permasalahan hubungan industrial. Keberadaan LKS juga membuka ruang untuk menyampaikan saran kepada pengusaha, pekerja dan atau serikat pekerja/buruh dalam rangka penetapan dan pelaksanaan kebijakan perusahaan. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar