Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Ratusan Personel Amankan Pilkades Serentak di Lamongan

Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2022, yang dipimpin oleh Wakil Bupati Lamongan KH. Abdul Rouf, di Alun-Alun Lamongan, Sabtu (25/6/2022

Lamongan (beritajatim.com) – Pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang diikuti oleh 61 desa di 24 kecamatan se-Kabupaten Lamongan bakal digelar pada Minggu (26/6/2022).

Oleh sebab itu, guna mengamankan lokasi pemungutan suara tersebut, Forkopimda Lamongan bersama unsur Polri, TNI dan Satpol PP menggelar Apel Pergeseran Pasukan di Alun-alun Lamongan yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Abdul Rouf, Sabtu (25/6/2022).

Diketahui, ratusan personel gabungan ini meliputi 408 personel Polres Lamongan, 130 personel BKO SAT Brimob Polda Jatim, 183 personel Kodim 0812, dan 30 personil siaga on call, serta 122 personel Linmas.
Dalam kesempatan ini, Wabup Rouf menyampaikan pesan agar para petugas tetap menjaga mental dan fisik serta mematuhi protokol kesehatan dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Petakan setiap kerawanan pada tempat pemungutan suara serta meningkatkan deteksi dini untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat. Sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannya pemungutan suara dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas,” pesannya.

Di hadapan ratusan personel gabungan, Wabup Rouf juga mengajak untuk memperkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara Pemilu. Itu guna mewujudkan sinergitas polisional yang proaktif dalam rangka mewujudkan kondusifitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Lamongan.

Pihaknya juga mengarahkan agar para petugas tetap berpedoman pada SOP yang telah berlaku demi menghindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas. Menurutnya, pengawasan dan pengendalian secara berjenjang terhadap pelaksanaan tugas dan kinerja personel di lapangan penting dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dan pelanggaran.

Wabup Lamongan saat sambutan

“Bagi segenap personil PAM TPS, mari kita jaga komitmen dan netralitas, serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis sela penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Lamongan Tahun 2022 ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wabup Rouf juga berharap agar satuan Limnas bisa tetap bersinergi dengan personel Polri dan TNI, karena Linmas memiliki peran yang sangat strategis, yakni sebagai pilar utama dalam pengamanan langsung kegiatan pemungutan suara di TPS.

Masih kata Wabup Rouf, lantaran saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, ia mengimbau agar protokol kesehatan tetap wajib dipatuhi. “Mari kita jadikan apel pergeseran pasukan untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam mengawal dan mengamankan, serta menyukseskan Pilkades Lamongan tahun 2022,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Apel pergeseran pasukan ini juga dimaksudkan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana lainnya sebelum melaksanakan tugas pengamanan tempat pemungutan suara. Sehingga dalam pelaksanaanya dapat berjalan dengan aman, lancar demokratis dan sehat. [riq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar