Politik Pemerintahan

Ratusan Nelayan Muara Solo Gresik Dukung Paslon NIAT

Gresik (beritajatim.com) – Ratusan nelayan Muara Solo Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik merapatkan barisan mendukung pasangan calon (Paslon) Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (NIAT).

Mereka berharap paslon NIAT mampu membuat perubahan dengan berpihak kepada para nelayan tradisional. Sebab, selama ini tidak ada perlindungan hukum yang jelas untuk mereka. Terutama penggunaan alat tangkap di wilayah perairan Gresik.

Ketua Rukun Nelayan Muara Solo, Khusnul Arifin menuturkan, masih banyak nelayan luar daerah yang masuk wilayah Gresik menggunakan alat tangkap jaring trawl. Tak hanya hanya merusak laut, tetapi berpotensi mematikan mata pencarian nelayan tradisional. “Keberadaan jaring trawl kerap menimbulkan konflik dengan nelayan tradisional asal Ujungpangkah. Khususnya Nelayan Pangkah Wetan,” tuturnya, Rabu (30/09/2020).

Ia menambahkan, tahun 2017 lalu terjadi konflik besar antara nelayan jaring trawl dengan nelayan tradisional. Untuk itu, jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Gresik, harus membuat aturan tegas. “Kami minta ke Gus Yani harus ada Perda tentang aturan larangan jaring trawl di wilayah Gresik,” imbuhnya.

Diakui Khusnul Arifin, pihaknya tidak pernah melarang nelayan mencari ikan di laut. Pasalnya, karena sama-sama mencari nafkah untuk keluarga. “Yang kami larang alat tangkapnya berupa jaring trawl,” ungkapnya.

Selain persoalan jaring trawl kata dia, dangkalnya muara Bengawan Solo juga menjadi sorotan. Sebab, saat air surut, banyak nelayan yang tidak bisa melaut. Seperti diketahui, masalah jalur perdagangan nelayan dan pedagang luar yang mengalami kerusakan. Tahun 2018 lalu sempat mengalami abrasi, jalannya ambles hingga kedalaman tiga meter. Kerusakan itu sudah diajukan kepada Pemkab Gresik. Namun, tak kunjung ada jawaban sampai sekarang. “Warga memperbaiki sendiri secara swadaya dan dibantu perusahaan,” ungkap Khusnul Arifin.

Sementara Gus Yani, menyambut baik dukungan ratusan Nelayan Pangkah Wetan itu. Mantan Ketua DPRD Gresik itu akan merealisasikan harapan para nelayan. Permasalahan nelayan, pertanian dan pertambakan menjadi salah satu program prioritas paslon NIAT kedepan. Tujuannya memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat.

“Para nelayan tradisional harus mendapat perlindungan. Melalui program penguatan kelompok nelayan dan memberikan kedaulatan wilayah tangkapan. Mudah-mudahan Gresik Baru bisa memberikan solusi terbaik,” pungkas Gus Yani. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar