Politik Pemerintahan

Ratusan Mahasiswa Geruduk Grahadi Dukung Pengesahan RUU KPK

Surabaya (beritajatim.com) – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Anti Korupsi (SMAK) mendukung pengesahan Revisi UU KPK dan pimpinan KPK yang baru untuk KPK yang lebih profesional. Aksi mereka dilakukan di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (17/9/2019).

Koorlap aksi SMAK, Satria Wahab kepada wartawan mengatakan, KPK yang merupakan lembaga negara untuk pencegahan dan pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, ternyata selama ini tidak diawasi oleh lembaga manapun.

Akibatnya, kinerja KPK banyak mengalami penurunan seperti kurangnya koordinasi antarlini penegak hukum, terjadinya pelanggaran kode etik oleh pimpinan dan staf KPK, adanya pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK yang berbeda dengan ketentuan hukum acara pidana, kelemahan koordinasi dengan sesama aparat penegak hukum, masalah penyadapan, pengelolaan penyidik dan penyelidik yang kurang terkoodinasi.

“Juga, terjadinya tumpang tindih kewenangan dengan berbagai instansi penegak hukum, serta kelemahan belum adanya lembaga pengawas yang mampu mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, sehingga memungkinkan terdapat celah dan kurang akuntabelnya pelaksanaan tugas dan kewenangan pemberantasan tindak pidana korupsi oleh KPK,” tukasnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut dan menguatkan KPK agar lebih efektif dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, DPR RI dan Pemerintah telah melakukan langkah yang tepat dengan merevisi Undang-undang KPK.

Melalui perubahan isi Undang-undang KPK, lanjut dia, diharapkan KPK lebih sinergis dengan lembaga penegakan tindak pidana korupsi yang sudah ada, sehingga pencegahan dan pemberantasan korupsi dapat dilaksanakan lebih efektif, efisien, terkoordinasi, dan sesuai dengan ketentuan umum yang diatur dalam peraturan perundang-undangan; yaitu tidak memonopoli dan menyelisihi tugas dan wewenang penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan; dan berfungsi untuk melakukan supervisi dan memantau institusi yang telah ada dalam upaya bersama melakukan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Dalam rangka mendukung penguatan KPK guna pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia yang lebih efektif dan efisien, kami Solidaritas Mahasiswa Anti Korupsi menyuarakan sebagai berikut:

1. Mendukung upaya Presiden dan DPR RI yang telah mengesahkan revisi UU KPK, sehingga KPK dapat lebih cepat melakukan pembenahan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.

2. Masyarakat Indonesia menantikan KPK yang lebih efektif, efisien, transparan dan profesional.

3. Pengawasan terhadap KPK wajib dilakukan agar bekerja sesuai koridor yang diharapkan masyarakat.

4. KPK adalah tumpuan rakyat Indonesia dalam pemberantasan korupsi, sehingga tidak boleh memihak kepentingan politik tertentu.

5. Pengesahan Revisi UU KPK merupakan langkah yang tepat untuk menyelamatkan KPK dan bangsa Indonesia.

6. KPK akan jauh lebih baik dengan adanya revisi UU KPK dan Pimpinan KPK yang baru.

7. Pimpinan KPK yang baru merupakan harapan terbesar masyarakat Indonesia yang menantikan perubahan KPK yang jauh lebih kuat dan profesional. [tok/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar