Politik Pemerintahan

Ratusan Ketua RW di Kota Malang Dilarang Keras Lakukan Pungutan Liar

Wali Kota Malang, Sutiaji beri imbauan saber pungli ke ratusan ketua RW.

Malang(beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang melarang keras Ketua RW dimasing-masing wilayah untuk melakukan aksi pungutan liar (pungli). Sebagai, birokrasi tangan pertama di masyarakat ketua RW wajib mempermudah segala kebutuhan administrasi warganya.

Wali Kota Malang, Sutiaji pun menggelar Sosialisasi Saber Pungli kepada ratusan Ketua RW. Menurut Sutiaji, sebagau ujung tombak pelaksanaan pemerintahan dilingkungan warga Ketua RW wajib memberikan contoh pemberantasan korupsi.

“Ketua RW menjadi perpanjangan tangan dari Pemerintah Kota Malang untuk memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat; sehingga kehadirannya sangat penting bagi kami untuk dapat menjalankan roda pemerintahan,” ujar Sutiaji, Senin, (25/11/2019).

Sutiaji mengungkapkan kedepan pelayanan akan dilakukan secara digital hingga tingkat RW. Langkah ini untuk mewujudkan sistem pelayanan yang baik pada masyarakat dan menghindari terjadinya pungli. Dikatakan, Sutiaji, melalui sistem digital akan meminimalisir terjadinya kontak langsung antara pelayan dengan mereka yang dilayani sehingga pungli akan dapat dihindari.

“Sebetulnya pungli itu terjadi karena birokrasi yang ruwet sehingga penyederhanaan proses birokrasi juga kami lakukan agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat dan mudah. Sosialisasi Saber Pungli harus diteruskan ke RT dimasing-masing RW,” tandasnya. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar