Politik Pemerintahan

Ratusan Karyawan Kemenko Marves Habiskan Uang di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sebanyak 163 karyawan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) melakukan rapat kerja di Banyuwangi. Mereka dibawa langsung oleh Sekretaris Kemenko Marves Agung Kuswandono.

Dalam masa adaptasi kebiasaan baru, Banyuwangi memang menjadi tujuan pertama kementrian pusat. Daerah ini menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan oleh Kemenko Marves untuk dikunjungi.

“Pemerintah memang terus mendorong aktivitas yang produktif dan aman dari Covid-19, termasuk melalui kegiatan kementerian. Kita gerakkan ekonomi daerah, ini ratusan pakaian dan penutup kepala khas Banyuwangi kami pesan ke penjahit kampung di Banyuwangi,” ujar Sekretaris Kemenko Marves Agung Kuswandono, Rabu (29/7/2020).

Dalam sebuah kesempatan, Agus berujar ringan. Dia menyebut, Banyuwangi tempat yang cocok untuk menghabiskan uang. “Saya bilang ke semua peserta, ayo beli oleh-oleh di UMKM, kulineran di warung rakyat. Istilahnya, habiskan uang Anda di Banyuwangi,” ucap Agung kepada para peserta.

Agung mengatakan, Kemenko Marves mendorong kementerian yang ada di lingkungannya untuk kembali berkegiatan, terutama di daerah-daerah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sebanyak tujuh kementerian/lembaga di bawah Kemenko Marves yang diinstruksikan untuk kembali menggelar MICE di daerah adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). “Silakan datang ke berbagai destinasi wisata di Indonesia, salah satunya Banyuwangi,” ujar Agung.

Selain Kemenko Marves, kementerian lain yang sudah berkegiatan di Banyuwangi di masa adaptasi kebiasaan baru adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan pada pekan lalu.

Pemerintah pusat memilih Banyuwangi sebagai salah satu daerah yang akan dikunjungi untuk kegiatan MICE kementerian/lembaga. Hal ini tentunya menjadi perhatian serius di tengah pandemi. Meski, di sini lain menguntungkan bagi ekonomi warga setempat.

“Terima kasih Presiden Jokowi, Menko Marves, Menteri Pariwisata, dan Gubernur Jatim yang selama ini terus mendukung inovasi daerah, termasuk Banyuwangi dalam menyiapkan pemulihan ekonomi di era adaptasi kebiasaan baru. UMKM, warung-warung rakyat, jasa transportasi dan akomodasi, dan sebagainya akan kembali laris,” pungkas Anas. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar