Politik Pemerintahan

Rapid Tes, 86 Pedagang di Pasar Kota Bojonegoro Reaktif Positif

Kapolres Bojonegoro bersama petugas Dinkes melakukan pemeriksaan Rapid Tes terhadap sejumlah pedagang sayur di pasar kota.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sejumlah pedagang sayur yang ada di Pasar Kota Bojonegoro menjalani rapid tes. Jumlah pedagang yang mengikuti sebanyak 269 orang dan dinyatakan reaktif positif sebanyak 86 orang pedagang. Mereka diimbau untuk menjalani isolasi sebelum dilakukan tes swab.

“Dari 86 orang yang reaktif positif, 75 warga Bojonegoro dan 11 berasal dari Kabupaten Tuban,” ujar Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah saat konferensi pers, Kamis (7/5/2020) di Pendopo Malowopati.

Sekadar diketahui, rapid tes yang dilakukan menjelang makan sahur itu dipimpin oleh Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan, bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro, Ani Pudjiningrum, Kodim 0813 Bojonegoro, Sat Pol PP dan petugas Dishub.

Kapolres Bojonegoro menjelaskan rapid test ini sebagai upaya pencegahan serta memutus penyebaran Covid-19. Pasar merupakan salah satu titik yang memiliki risiko penyebaran Covid-19, karena banyak interaksi dan ada kerumunan massa. “Pasar merupakan klaster yang rentan penyebaran virus, maka Dinkes melakukan Rapid Test terhadap para pedagang,” jelas Kapolres Bojonegoro.

Kapolres mengimbau kepada para pedagang tetap mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan, yakni dengan gpola hidup bersih dan sehat, jaga jarak antara pedagang satu dengan pedagang lainnya, pedagang dengan pembeli dan menggunakan masker.

Sebelumnya, satu pedagang di Pasar Tradisional Kota Bojonegoro dinyatakan positif terjangkit virus Corona dan meninggal dunia. Pemkab Bojonegoro telah melakukan pembatasan terhadap operasional pasar untuk memutus penyebaran Covid-19. [lus/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar