Politik Pemerintahan

Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara, 2 Komisioner KPU Tuban Tak Hadir

Tuban (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban hari ini melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten dalam pelaksanaan Pilkada Tuban serentak 2020, Selasa (15/12/2020). Rapat Pleno digelar setelah tahapan rekapitulasi di di tingkat kecamatan sudah selesai.

Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten itu berlangsung di gedung Grand Javanila, Kota Tuban. Namun, dalam pelaksanaan rapat pleno itu, dua dari anggota Komisioner KPU Tuban tidak ikut dalam rapat pleno lantaran mengalami sakit dan masih menjalani isolasi akibat terkena Covid-19.

Pantauan beritajatim.com, rapat pleno terbuka untuk penghitungan suara hasil Pilkada Tuban 2020 itu dipimpin oleh Kasmuri sebagai Plh Ketua KPU Tuban. Pasalnya untuk ketua KPU Kabupaten Tuban yakni Fathul Ihsan tidak bisa hadir dalam rapat pleno terbuka itu lantaran sedang menjalani isolasi karena dinyatakan positif Covid-19.

Selain ketua KPU Tuban, satu komisioner KPU Tuban yang tidak hadir dalam tahapan rapat pleno tingkat kabupaten tersebut adalah Nur Hakim. Yang mana Nur Hakim merupakan komisioner KPU Tuban sebagai divisi logistik dan saat ini juga sedang mengalami sakit.

“Ada dua anggota KPU yang tidak bisa hadir karena sedang sakit. Meski hanya tiga orang komisioner yang hadir ini sudah sah dan sudah memenuhi kuorom. Karena ini sudah kuorom rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten kita buka dan terbuka untuk umum,” terang Kasmuri selaku Plh Ketua KPU Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan itu, Kasmuri menjelaskan bahwa pelaksanaan rekapitulasi tersebut dilakukan setelah pihak KPU telah menerima hasil rakapitulasi dari masing-masing kecamatan. Yang mana hasil rekapitulasi tingkat kecamatan itu sudah diterima oleh KPU Kabupaten sejak tanggal 12 Desember sampai tanggal 14 Desember 2020 kemarin.

“Kami berharap proses tahapan ini bisa berjalan dengan lancar dan kondusif. Sehingga hari ini kita bisa tetapkan perolehan suara dari masing-masing calon,” tambahnya saat memberikan sambutan dalam pelaksanaan kegiatan rapat pleno terbuka itu.

Sementara itu, hingga siang ini proses pembacaaan rekapitulasi dari masing-masing PPK yang didampingi Panwascam di Tuban tersebut masing berlangsung dengan tanpa ada protes dari saksi. Adapun untuk jumlah kecamatan di Kabupaten Tuban sebanyak 20 kecamatan dan baru beberapa kecamatan yang sudah selesai dibacakan. [mut/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar