Politik Pemerintahan

Rakernas PDIP Batal Umumkan Nama 44 Calon Kepala Daerah

Jakarta (beritajatim.com) – Rapat Kerja Nasional I PDI Perjuangan batal mengumumkan dukungan terhadap 44 calon kepala daerah di Pilkada 2020. Alasannya, banyak daerah yang tengah tanggap darurat akibat banjir.

“Kami melihat pada saat ini, bagaimana banyak kepala daerah dari PDIP sedang bergiat mencanangkan tanggap darurat untuk bencana. Maka kemudian kami tunda. Kami kedepankan kepentingan rakyat itu,” kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai Rapat Kerja Nasional I PDIP ditutup di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020) malam.

Dia juga menambahkan, berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional I PDI Perjuangan, partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu memasang target kemenangan 60 persen di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

“Kami tagetkan menang 60 persen. Daerahnya sudah ada, nanti kami sampaikan lebih detail. Termasuk Solo, termasuk Medan (yakin menang),” imbuh Hasto.

Mengenai calon kandidat yang akan diusung PDIP di dua daerah tersebut, Hasto mengaku pihaknya masih mencari putra-putri terbaik bangsa. Politikus asal Yogyakarta ini menerangkan hal itu juga menjadi wewenang Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam memutuskan.

“Ibu Ketua Umum dalam pengarahannya juga menegaskan partai membuka diri terhadap anak-anak muda Indonesia untuk bersama dengan partai,” kata Hasto.

Hasto lalu ditanyai awak media, apakah putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming punya kans besar maju lewat PDIP di Medan. Menurut alumni UGM ini, Gibran punya modal tersendiri yang bisa dipertimbangkan untuk dipilih. Namun, Hasto menekankan pihaknya masih membuka diri.

“Tentu saja Mas Gibran juga punya kepedulian yang besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Apalagi banyak pemimpin muda dari PDIP yang berhasil,” kata Hasto. [hen/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar