Politik Pemerintahan

Rachmat Gobel Bertemu Bupati Jember, Ini yang Dibicarakan

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel bertemu Bupati Hendy Siswanto di Pendapa Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember [foto: istimewa]

Jember (beritajatim.com) – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel bertemu Bupati Hendy Siswanto di Pendapa Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (18/3/2021). Mereka membicarakan sejumlah langkah percepatan pembangunan di Jember.

“Pertama yang akan saya dorong adalah bagaimana program ekonomi kerakyatan. Kita naikkan kegiatan UMKM. Dari produk lokal, kita usahakan nasional, kalau perlu jadi produk global,” kata Rachmat usai pertemuan.

Kedua, lanjut Rachmat, pembicaraan terkait sektor kesehatan. “Saya sudah bicara dengan rekan saya, bagaimana coba untuk bisa membantu, karena masalah kesehatan dengan adanya pandemi Covid ini menjadi hal yang sangat penting, di samping pendidikan,” katanya.

Rachmat akan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur. Namun, menurutnya, masalah infrastruktur juga jadi prioritas semua daerah.

Rachmat menyebut Jember sudah memiliki modal untuk maju. Dari aspek pariwisata, di sini ada Jember Fashion Carnaval. “Modal lainnya adalah Pusat Penelitian Kopi dan Kakao. Saya baru tahu di sini ada Pusat Penelitian Kopi dan Kakao. Ini harus jadi barang. Belum ada lagi perkebunan kopi Rengganis. Ini ciri khas yang harus dijadikan produk global. Itu bisa, bukannya tak bisa,” katanya.

Bagaimana soal anggaran? “Dengan adanya pandemi Covid, pemerintah ada refocusing anggaran Fokusnya kesehatan. Tapi di antara itu kan ada anggaran lain. Makanya yang mana yang bisa kita dorong dulu? Ekonomi rakyat harus kita bangun. Pertaniannya, perkebunannya, kelautannya. Saya akan bicara dulu dengan Pak Menteri. Ini seperti main catur, mana dulu yang bisa kita dorong untuk menang,” kata Rachmat. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar