Politik Pemerintahan

QA Siapkan Sekolah Perempuan di Setiap Kecamatan

Gresik (beritajatim.com) – Program pemberdayaan menjadi salah satu keinginan yang digagas pasangan calon (paslon) Cabup M Qosim-Cawabup Alif (QA) menyiapkan sekolah perempuan di setiap kecamatan.

Qosim-Alif (QA) menilai bahwa peningkatan potensi dan pemberdayaan perempuan itu sangat penting. Terutama untuk para perempuan di desa yang memiliki pendidikan rendah.

“Perempuan juga harus diangkat potensinya dan diberdayakan terkait emansipasi wanita, atau perempuan harus tumbuh,” kata M. Qosim, dalam agenda sambung rasa di wilayah Kecamatan Cerme, Minggu
(8/11/2020).

Untuk itu, Qosim-Alif akan mengakomodir peran para perempuan tersebut. Misalnya lewat lembaga pemberdayaan perempuan yang selama ini sudah berjalan di beberapa kecamatan.

“Ada sekoper (sekolah perempuan) di setiap kecamatan, dan diikuti oleh ratusan perempuan. Di Cerme, juga ada di Wringinanom,” ujarnya.

Qosim-Alif bakal terus mendorong keberadaan sekoper ini untuk para perempuan di Gresik. Sehingga nantinya perempuan-perempuan dengan pendidikan rendah bisa dididik di sekolah perempuan tersebut.

“Kita didik, kita bangun keterampilan dan ide-ide brilian perempuan. Sehingga nanti akan bertambah ratusan perempuan yang diberdayakan,” tambah M.Qosim.

Salah satu warga yang sudah ikut sekolah perempuan asal Desa Dooro, Kecamatan Cerme, Fitri Oktavani (26) mengaku sangat bangga dengan adanya sekoper di Gresik.

“Sekolah perempu sangat berpengaruh sekali ke kehidupan perempuan, khususnya bagi perempuan yang selalu didiskriminasikan tentang pendidikan rendah,” ujarnga.

Dengan sekolah kata dia, perempuan seperti itu bisa bersaing karena punya kompetensi seperti perempuan pada umumnya. (dny/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar