Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

PWI Gresik Beri Apresiasi GPA 2022 Terhadap Perusahaan Asal Amerika Serikat

Gresik (beritajatim.com) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gresik memberikan apresiasi Giri Panca Suar Award (GPA) terhadap perusahaan asal Amerika Serikat, PT Cargill Indonesia – Cocoa and Chocolate Gresik atas kontribusinya terhadap kepedulian lingkungan di sekitar perusahaan.

Perusahaan PMA itu, juga dinilai memiliki kepedulian terhadap pemberdayaan masyarakat sekitar melalui kegiatan corporate social responsibility. Di antaramya membantu pengeboran sumur air bersih untuk 200 sambungan rumah masyarakat Kecamatan Manyar, Gresik. Konservasi 6 hektar mangrove di sepanjang Kali Mireng, Manyar. Serta penyediaan 208 fasilitas akses air minum layak dan 81 fasilitas jamban sehat untuk masyarakat berpenghasilan rendah di empat Keluarahan Kecamatan Gresik.

Ketua HPN 2022 PWI Gresik, Deni Ali Setiono menuturkan, penilaian dititikberatkan kepada kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar. Selama ini PT Cargill Indonesia – Cocoa and Chocolte Gresik mampu memberikan kontribusi tidak sedikit bagi masyarakat sekitar perusahaan.

“Terutama dalam pelestarian dan penyediaan sarana air bersih, sanitasi, pendididikan serta keagamaan. Kepedulian ini bisa menjadi teladan bagi perusahaan lainnya untuk bergerak bersama membantu pelestarian lingkungan,” tuturnya, Jumat (25/03/2022).

Sementara itu, Adi Suprayitno, Admin dan Relation Manager PT Cargill Indonesia Cargill Cocoa and Chocolate Gresik mengucapkan terima kasih kepada PWI Kabupaten Gresik yang telah memberikan penghargaan Giri Panca Suar Award tahun ini.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan Cargill di sekitar perusahaan sebagai bentuk menyukseskan SDG’S oleh pemerintah sampai tingkat desa. Salah satunya, pengeboran sumur air bersih hingga 130 meter. “Sumur bor dan tandon air nantinya akan dialirkan ke 200 sambungan rumah,” ujarnya.

Dengan sumur air bersih ini bisa membantu kebutuhan air bersih bagi 700 jiwa di Desa Manyar Sidorukun, Kecamatan Manyar Gresik. Dengan debit 2 liter per detik untuk mandi, cuci, kakus (MCK) dan kegiatan lainnya.

Khusus pelestarian tanaman mangrove kata Adi Suprayitno, pihaknya telah menanam mangrove di sepanjang Kalimireng seluas 6 Hektar. Mangrove Kalimireng sebagai Zona Edukasi melalui penguatan pendidikan mangrove ke anak-anak usia sekolah yang berada di sekitar Mangrove Kalimireng.

“Salah satu poin penting pada pelatihan ekolitersi mangrove tersebut adalah bagaimana menjaga populasi mangrove kalimireng, selain usaha kuratif dengan pengkayaan mangrove juga diperlukan upaya preventif dengan menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap mangrove kepada generasi muda sejak dini,” paparnya.

Puncak peringatan HPN dan penganugerahan Giri Panca Suar 2022 oleh PWI Gresik ini juga dihadiri Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, Wakil Bupati Gresik Aminatun habibah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim, Anwar Sadad, Ketua DPRD Gresik, Abdul Qodir, Kapolres Gresik, AKBP M.Nur Azis, Dandim 0817 Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail, dan Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar