Politik Pemerintahan

Putus Penyebaran Covid-19, Bupati Ipong: Waspadai OTG

Bupati Ipong Muchlissoni (foto/Endra Dwiono)

Bupati Ipong Muchlissoni(foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kasus pasien positif Covid-19 yang menimpa mahasiswi asal Desa Ngraket Kecamatan Balong beberapa waktu yang lalu menjadi atensi Bupati Ipong Muchlissoni. Padahal yang bersangkutan tidak punya riwayat perjalanan dari luar daerah, namun nyatanya positif. Kasus itu terungkap saat mengajukan tes kesehatan untuk kembali ke kampusnya.

“Pasien ini orang tanpa gejala (OTG). Sejak tiga bulan yang lalu di sini, karena penerapan kuliah dari rumah. Dan selama ini tidak ada keluhan juga,” kata Ipong, Kamis (25/6/2020).

Ipong meminta masyarakat mewaspadai orang-orang tanpa gejala ini. Sebab, mereka bisa siapa saja dan dapat ditemui di mana saja. “OTG ini bisa anda, saya, keluarga atau teman kita. Dan OTG ini bisa ditemukan di mana saja,” katanya.

Oleh karena itu, tidak lelah-lelahnya Ipong mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Ponorogo yang sudah zona kuning bukan berarti masyarakat bisa semakin santai. Jangan sia-siakan pengorbanan selama tiga bulan terakhir. Karena semua orang bisa beresiko tertular dan menularkan.

“Salah satu kunci memotong persebaran penularan Covid-19 adalah disiplin mematuhi protokol pencegahan Covid-19,” katanya.

Hingga saat ini, secara kumulatif jumlah pasien positif Covid-19 di Ponorogo ada 38 orang. Sebanyak 25 pasien sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan 11 orang masih menjalani isolasi di rumah sakit dan dua orang dinyatakan meninggal. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar