Politik Pemerintahan

Puskesmas Gondang Jadi Tempat Isolasi OTG, Pemkab Mojokerto Telurkan 3 SE

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi meninjau Puskesmas Gondang. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Puskesmas Gondang di Kabupaten Mojokerto rencananya akan difungsikan sebagai tempat isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto juga telah mengeluarkan tiga Surat Edaran (SE) terkait Covid-19.

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi secara langsung meninjau persiapan Puskesmas Gondang, Rabu (22/7/2020). Sedikitnya ada enam ruang kamar dengan kapasitas hingga 20 kamar yang disiapkan sebagai ruang isolasi bagi pasien berstatus OTG di Kabupaten Mojokerto.

“Ini menindaklanjuti rapat forkopimda kemarin, jadi hari ini kita pastikan dulu kesiapannya. Nantinya akan kita pakai untuk isolasi teman-teman yang OTG, supaya bisa lebih cepat lagi penanganan memutus mata rantai Covid-19,” ungkap Bupati Mojokerto, Pungkasiadi.

Pemkab Mojokerto telah menelurkan tiga SE yang berkaitan dengan penanggulangan pandemi Covid-19. Antara lain SE New Normal, SE Tim Evaluasi serta SE Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan. Jika ada yang menyelenggarakan kegiatan seperti wisata, penggiat wisata wajib memiliki izin dan memenuhi standar kesiapan protokol kesehatan.

“Kita idak ingin ada klaster baru. Di Kabupaten Mojokerto, tatanan new normal telah diuji cobakan pada tujuh sektor pelayanan publik. Antara lain pasar, pasar modern (mall, minimarket atau pasar modern), restoran, hotel, PTSP, tempat wisata dan transportasi umum. Kalau ada homestay yang sudah jalan, tolong jaga betul protokol kesehatannya,” katanya.

Karena, lanjut Bupati, nantinya akan ada Tim Verifikasi yang akan mantau. Tidak sehari dua hari, namun terus berlanjut. Jika tidak disiplin, tegas Bupati, maka bisa hentikan. Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan sertifikat new normal pada beberapa pelaku usaha wisata di Kabupaten Mojokerto. Yakni delapan hotel, satu tempat karaoke dan satu tempat wisata. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar