Politik Pemerintahan

Puncak Peringatan HUT ke-51, Ketua KORPRI Kota Kediri Ajak Jadi Garda Terdepan Masyarakat

Kediri (beritajatim.com) – Setelah sejumlah kegiatan digelar untuk memperingati hari ulang tahun KORPRI ke-51, hari ini (29/11/2022) sebagai puncak peringatan HUT KORPRI ke-51, Pemerintah Kota Kediri mengajak perwakilan anggota KORPRI dari berbagai perangkat daerah untuk mengikuti upacara bendera, di Halaman Balaikota Kediri.

Ketua KORPRI Kota Kediri, Bagus Alit, bertindak sebagai inspektur upacara mengamanatkan kepada para KORPRI di Kota Kediri untuk bisa melakukan refleksi atas capaian dan kiprahnya selama ini. Serta tak melupakan tugasnya untuk menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sesuai tema HUT KORPRI pada ulang tahun ini yaitu “KORPRI melayani, berkontribusi dan berinovasi untuk negeri”. Saya minta agar KORPRI sebagai ASN dapat melayani masyarakat dengan sepenuh hati, serta dapat merubah mindset bahwa ASN bukanlah orang yang harus dilayani tetapi yang melayani seluruh lapisan masyarakat,”pesannya.

Bagus juga menambahkan agar para ASN bekerja dengan ikhlas dan tuntas, berintegritas dan profesionalitas serta mampu melahirkan inovasi baru sebagai solusi permasalahan yang terjadi di masyarakat.

“Jika semua ini dapat terlaksanakan dengan baik, masyarakat akan merasa terlindungi, terayomi, dan merasa hidup dalam kebersamaan, merasa tidak terasingkan atau terpinggirkan. Sehingga keberadaan KORPRI akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”ungkapnya.

Tak hanya itu, Bagus juga mengingatkan para KORPRI Kota Kediri bahwa dalam menjankan tugas-tugas yang diemban KORPRI juga wajib memegang prinsip nasionalisme bangsa indonesia yang dilandasi nilai-nilai pancasila, yang diarahkan agar bangsa indonesia senantiasa menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kepentingan golongan dan menunjukkan sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

“Nilai-nilai pancasila tersebut merupakan nilai dasar bagi setiap ASN yang harus dipegang teguh, satu nilai dasar dan semboyan yang sama yakni ‘Berakhlak’,” ujarnya.

Lebih lanjut Bagus menjelaskan bahwa nilai-nilai ASN ‘Berakhlak’ memiliki makna filosofis pada budaya organisasi yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif guna mendukung percepatan transformasi sumber daya manusia (SDM) aparatur.

“Berakhlak juga merupakan panduan perilaku bagi KORPRI dan ASN yang harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab. Sebagai ASN, KORPRI juga harus bekerja dengan memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif, serta dapat diandalkan,”ungkapnya.

Bukan hanya pesan dan amanat, pada peringatan HUT KORPRI ini, Bagus juga memberikan apresiasi atas darma bakti, pengabdian, dan kerja keras seluruh anggota KORPRI dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan, terutama dalam 2 (dua) tahun terakhir ini, dimana negara kita yang sedang berjuang dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang berdampak pada perekonomian nasional.

“Berkat dukungan dan semangat seluruh elemen bangsa, salah satunya peran strategis KORPRI kita sudah mulai pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dalam membangun perekonomian indonesia, namun demikian kita semua tetap waspada dan senantiasa mawas diri menghadapi segala kemungkinan,”ujarnya.

Terakhir Bagus juga mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-51 KORPRI dan berharap agar KORPRI semakin sukses, maju, dan junjung tinggi Panca Prasetya KORPRI dan teruslah berbakti untuk ibu pertiwi.

Usai melakukan upacara bendera, pada kesempatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba gerak jalan kreasi dalam rangka HUT KORPRI Tahun 2022.

Adapun pemenang lomba yang menerima penghargaan dari kategori Anggota KORPRI, yaitu Juara I diraih oleh BPPKAD, Juara II Dinas Kesehatan, Juara III DISBUDPARPORA, Juara Harapan I Paguyupan Guru Olahraga (Pagor) Kota Kediri dan Juara Harapan II Srikandi Dinas Pendidikan Kota Kediri.

Sedangkan untuk kategori umum, yaitu Juara I SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri, Juara II Istri Idaman, Juara II Sanggar Tari Bestari, Juara Harapan I Ikatan Langkah Dansa Indonesia Kota Kediri dan Juara Harapan II Dasawisma Kamboja 1. Diakhir acara peringatan HUT KORPRI dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua KORPRI Kota Kediri yang kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah. [nm/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar