Politik Pemerintahan

Ditengah Pandemi Covid-19

Puluhan Warga Kabupaten Kediri Terima BLT dari DD

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Desa Tunglur, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri menyalurkan dana bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa yang diperuntukkan bagi 55 keluarga penerima manfaat (KPM). Masing -masing kpm memperoleh uang tunai senilai Rp 600 ribu selama tiga bulan .

penyaluran bantuan langsung tunai ini dilakukan di Balai Desa Tunglur. Pemberian bantuan tersebut dilakukan oleh perangkat desa setempat . pada penyaluran bantuan langsung tunai kali ini, diberikan kepada 55 data KPM yang telah didata oleh relawan.

Meskipun mendatangkan warga dalam jumlah banyak untuk dikumpulkan dalam satu ruangan, petugas perangkat desa tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dengan cara menjaga jarak dengan yang lainnya minimal 1 meter, warga yang datang  wajib memakai masker, serta sebelum memasuki ruangan harus cuci tangan.

“KPM terdiri dari berbagai profesi, mulai abang becak, pedagang kaki lima, serta korban PKH dengan jumlah penerima sebanyak 55 KPM,” kata Kepala Desa Tunglur, Mashudi.

Untuk sistem pemberian BLT DD, warga diwajibkan membawa Kartu Keluarga asli serta Kartu Tanda Penduduk asli. Kemudian melakukan absensi kehadiran penerimaan.

Hal serupa juga terjadi Desa Papar, Kecamatan Papar. warga yang di kategorikan kurang mampu, mendapat bantuan langsung tunai masing masing Rp 600 ribu. Penyaluran bantuan langsung tunai ini dilakukan di Balai Desa Papar.

Penyaluran dihadiri oleh Camat Papar, pemberian bantuan dilakukan oleh perangkat desa setempat. Pada penyaluran bantuan langsung tunai kali ini, diberikan kepada 66 data KPM. Bantuan ini akan diberikan secara bertahap selama tiga bulan ini.

Warga penerima manfaat yang mendapat BLT sebelumnya tak pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah serta yang telah dikategorikan warga kurang mampu oleh perangkat desa yang melakukan pendataan.

Pada hari ini selain Desa Papar, sejumlah desa lain dalam lingkup Kecamatan Papar seperti Desa Tanon, Desa Minggiran, Desa Peh Wetan, Desa Peh Kulon, Desa Purwotengah, Desa Dawuhan Kidul, Desa Kedung Malang, Desa Kepuh, Desa Sukomoro juga menyalurkan BLT kepada KPM. [nm/kun]

 





Apa Reaksi Anda?

Komentar