Politik Pemerintahan

Puluhan Warga Kabupaten Kediri Jalani Tes Swab Covid-19

foto/ilustrasi

Kediri (beritajatim.com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Kediri melakukan tes swab terhadap puluhan warga yang telah dinyatakan reaktif rapid test.

Pengambilan sampling swab ini berlangsung di tiga puskesmas yaitu, Wonorejo di Kecamatan Ngadiluwih, Ngasem dan Pare.

Di Puskesmas Wonorejo, tes swab diikuti oleh 13 orang pekerja pabrik rokok (PR) Mustika Tulungagung asal Kabupaten Kediri. Mereka dari Kecamatan Ngadiluwih, Semen dan Gurah.

Peserta tes dijemput oleh puskesmas setempat untuk dibawa menggunakan mobil ambulan ke Puskesmas Wonorejo. Setibanya di lokasi, mereka disemprot desinfektan dan dilakukan pengambilan sampling swab.

Menurut Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, dr. Yahya Mulyana, pelaksanaan tes swab ini merupakan tindak lanjut temuan reaktif rapid test yang digelar oleh puskesmas sebelumnya.

“Sampling swab kita kirimkan ke Surabaya untuk dilakukan pengujian laboratorium,” ujar dr. Yahya di lokasi, Rabu (6/5/2020).

Sembari menunggu hasil tes selama kurang lebih 10 hari, ke-13 warga ini diminta untuk melakukan isolasi mandiri dengan diawasi Satgas Desa. Selama masa isolasi ini, mereka akan diberikan obat-obatan dan tambahan vitamin. “Secara keseluruhan kondisinya sehat, tanpa ada gejala Covid-19,” imbuh dr. Yahya.

Masih kata dr. Yahya, tes swab juga dilakukan di Puskesmas Ngasem dan Pare dalam waktu bersamaan. Untuk Puskesmas Ngasem diikuti sebanyak 14 orang yang terdiri dari 12 orang berasal dari klaster setempat dan dua orang klaster PR Mustika Tulungagung. Sedangkan Puskesmas Pare melakukan pengambilan sampling swab terhadap empat orang dari klaster setempat yang difollow up.

Sebelumnya, tes swab juga telah dilakukan  terhadap 13 orang warga dari klaster santri Pondok Pesantren Temboro Magetan di Puskesmas Grogol. Sementara untuk penyebaran virus corona melalui klaster pelatihan haji Sukolilo Surabaya kini telah dinyatakan selesai. [adv kominfo/nm].





Apa Reaksi Anda?

Komentar