Politik Pemerintahan

Puluhan Napi Tanam Pohon Penghijauan di TPA

Sumenep (beritajatim.com) – Sebanyak 21 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Sumenep melakukan penanaman pohon di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Torbang, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep.

“Untuk proses penghijauan di sekitar TPA ini, tahap awal ditanam 350 pohon mahoni dan akasia. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk penyediaan bibitnya,” kata Kepala Rutan Klas IIB Sumenep, Beni Hidayat, Jumat (22/03/2019).

Penghijauan dan penanaman pohon tersebut dilakukan dalam rangka hari bhakti pemasyarakatan ke-55. “Kalau target jangka panjangnya hingga 10 ribu pohon. Tapi itu memerlukan lahan khusus yang cukup luas. Jadi masih kami komunikasikan dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Beni berharap dengan keterlibatan warga binaan rutan dalam kegiatan penghijauan, mampu menumbuhkan rasa peduli dan kebanggaan, karena mereka berbuat sesuatu untuk banyak orang. “Menanam pohon ini kan tidak bisa terasa langsung sekarang manfaatnya. Tapi gerakan penghijauan seperti ini manfaatnya untuk anak cucu nanti,” paparnya.

Sementara Wakil Bupati Sumenep, Ach. Fauzi mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang dilakukan para narapidana. Ia berharap agar kegiatan positif tersebut berjalan berkesinambungan.

“Saya sudah bicara dengan Pemerintah Provinsi, memastikan ketersediaan bibit. Jadi kalau ada kegiatan penghijauan, bibit tinggal ambil. Kegiatan ini akan terus dilakukan, terutama di lahan-lahan yang mulai gersang,” ucapnya. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar