Politik Pemerintahan

PU Bina Marga Kabupaten Malang Tingkatkan Sistem Jaringan Jalan

foto/ilustrasi

Malang (beritajatim.com) – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang berupaya melakukan berbagai langkah. Salah satunya, menyusun sistem jaringan jalan supaya dapat berfungsi secara optimal guna menunjang beberapa proyek strategis nasional di Kabupaten Malang.

Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni mengatakan, guna menunjang proyek strategis nasional Kabupaten Malang berupa Jalur Lintas Selatan (JLS), Badan Otorita Pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BOP TNBTS), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), rencana peningkatan status Bandara Abdul Rachman Saleh, dan tol Malang-Pandaan (Mapan), pihaknya akan melakukan peningkatan sistem jaringan jalan.

“Untuk JLS, kami tengah melakukan peningkatan jaringan jalan untuk mendukung keberadaan JLS. Karena JLS sekarang ini sudah hampir menyambung ke Donomulyo. Disana akan kami sambut dengan jalan kolektor,” ungkap Romdhoni, Sabtu (11/5/2019).

Kata Romdhoni, jaringan jalan lain yang ada di Kabupaten Malang yang memiliki dampak secara maksimal terhadap pertumbuhan juga akan diperhatikan, untuk itu pemilihan sistem jaringan itu menjadi sangat penting. “Mana yang perlu peningkatan, mana yang perlu pemeliharaan atau maintenance,” jelasnya.

Akan tetapi, tambah Romdhoni, pihaknya juga harus memperhatikan jalan Long Segmen. Dimana long segment merupakan penanganan sebuah ruas jalan dari satu titik ke titik tertentu walaupun tidak seluruhnya mendapatkan penanganan berat.

Namun dibagi hingga sedemikian rupa, sehingga fungsi satu ruas jalan tertentu bisa optimal. Pihaknya menyebut bahwa saat ini juga ada penekanan dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum, dimana terdapat istilah penanganan. “Kami juga di tekan oleh pihak Kementerian PUPR untuk melakukan peningkatan, pemeliharaan ataupun juga termasuk normalisasi drainase. Kita sudah mengarah ke situ dan sebagian juga ada yang dikerjakan,” ulasnya.

Romdhoni menjelaskan, untuk normalisasi drainase, pihaknya saat ini tengah melakukan inventarisasi. Dimana nanti untuk bahan perencanaannya akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran. “Mana saja mungkin nanti juga ada yang menggunakan model long segment itu tadi,” tandasnya. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar