Politik Pemerintahan

PT SIER: Terima Kasih Pendonor Plasma, Anda Pahlawan Bagi Sesama

Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Johnny Isir, dan Direktur Operasi PT Sier Didik Prasetiyono saat memberi keterangan kepada media

Surabaya (beritajatim.com) – Pada Selasa (2/2/2021) hari ini, PT SIER (Surabaya Industrial Estate Rungkut) mengadakan ‘Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen’ di dua lokasi, yaitu di halaman Wisma SIER, Kawasan Industri Rungkut Surabaya dan di halaman Kantor PIER, Kawasan Industri Rembang-Pasuruan. Tema acara ‘Ayo Donor Plasma Konvalesen, Bersama Jadi Penolong’.

Acara donor ini memperingati Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) bekerjasama dan didukung oleh PMI Surabaya, Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya, TNI/Polri, Perusahaan di Kawasan SIER dan PIER, Komunitas Sahabat Donor Darah, Ikafe Unair, Satgas Covid ITS, REI Sidoarjo, Yayasan Indonesiaku Sehat dan Persos Hwa Indonesia.

Pendaftaran pendonor dilakukan melalui online dan datang langsung (go-show), dimulai mulai Pukul 10.00-15.00 WIB yang ternyata antusiasme melebihi perkiraan.

Di SIER, dari perkiraan kuota 100 orang pendonor darah dan 50 pendonor plasma konvalesen, pada saat penutupan acara tercatat 120 orang pendonor darah dan 64 orang pendonor plasma konvalesen. Sedangkan di PIER, dari perkiraan kuota 50 orang pendonor daerah, tercatat 61 orang pendonor darah hadir di lokasi.

“Antusiasme ini sangat melegakan, mengingat kebutuhan darah dan plasma begitu tingginya di era pandemi. Sesuai arahan Menteri BUMN, semua BUMN diminta untuk terlibat aktif dalam Pembentukan Satuan Tugas Bencana Nasional dan Daerah yang salah satunya adalah menggalang penyelenggaraan Donor Plasma Konvalesen,” kata Didik Prasetiyono, Direktur Operasi PT SIER kepada wartawan.

Acara donor di SIER ini dihadiri oleh Plt Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana dan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Johnny Eddizon Isir. Mereka disambut Silvester Budi Agung, Direktur Administrasi dan Keuangan PT SIER dan Didik Prasetiyono, Direktur Operasi PT SIER.

Plt Walikota dan Kapolrestabes menyampaikan, pihaknya menyambut baik dan mendukung untuk menggelorakan gerakan Donor Plasma di berbagai institusi dan komunitas.

Terapi plasma konvalesen ini dipercaya dapat membantu proses pemulihan pasien infeksi virus corona. Plasma pasien positif Covid-19 yang telah sembuh sanggup mengeliminasi atau memobilitasi virus, sehingga lingkaran infeksi terputus. Pasien penerima donor diharapkan bisa terhindar dari serangan virus untuk kemudian memperbaiki jaringan yang sudah terlanjur rusak untuk meningkatkan sistem imun.

“Meski sangat efektif membantu kesembuhan pasien positif Covid-19, untuk mendapatkan pendonor plasma cukup sulit. Tidak semua penyintas Covid-19 bisa menjadi pendonor. Ini adalah upaya PT SIER untuk membantu mendapatkan pendonor plasma dan berharap bisa membantu PMI dalam memenuhi tingginya permintaan plasma,” pungkas Didik. [tok/but]

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar