Politik Pemerintahan

PT DLU Bantu APD ke RS PHC, Apa Saja?

Surabaya (beritajatim.com) – PT Dharma Lautan Utama peduli terhadap keamanan para garda terdepan dalam penanganan corona virus disease 2019 (Covid-19), yakni tenaga medis di rumah sakit (RS) PHC Surabaya RS PHC yang berada di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak ini salah satu RS Rujukan penanganan Covid-19 di Jawa Timur.

Direktur Utama PT DLU, Erwin H Poedjono mengatakan sumbangan yang berupa alat pelindung diri (APD) khusus bagi tenaga medis ini sangatlah diperlukan agar terus bisa menjalankan tugas dengan aman saat melayani pasien yang suspect Covid-19.

“Ini bentuk simpati dan ucapan terima kasih kami untuk tenaga medis, khusunya di RS PHC. Dimana PHC terletak di tempat strategis, salah satu titik logistik nasional yang harus kita jaga bersama. Semoga bantuan ini bisa membantu para tenaga medis untuk menangani virus corona,” ujarnya usai menyerahkan ribuan APD yang diterima oleh Kepala RS PHC Surabaya dr Pudji Djanuartono di RS PHC Surabaya.

Ia juga merinci ada 4 jenis APD yang disumbangkan. Mulai dari baju hazmat, masker medis, sarung tangan medis dan face shield. “Baju hazmat dengan standar departemen kesehatan sebanyak 150, masker medis 1.000, sarung tangan 1.000 dan face shield atau pelindung muka 50,” paparnya.

Tak sampai disitu, Erwin juga mengajak perusahaan pelayaran lainnya juga ikut serta membantu menyumbang APD yang saat ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis. Ini penting agar para tenaga medis, khususnya di sekitar pelabuhan bisa bekerja dengan aman ketika fasilitas yang dibutuhkan terpenuhi. Dengan begitu diharapkan bisa menangani penyebaran virus corona, dan akan sangat berimbas bagi SDM yang ada di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak.

“Mari perusahaan pelayaran lain ikut membantu para tenaga medis. Jika mereka tenaga medis di sekitar pelabuhan bisa melindungi diri mereka dengan baik dan aman, maka kegiatan logistik di sekitar pelabuhan akan bisa tetap jalan sehingga bisa mensupport perekonomian nasioanal,” harap dia.

Sementara, perwakilan RS PHC Surabaya Purwanti Aminingsih menyatakan terima kasihnya atas inisiatif menyumbang APD khsusus penanganan Covid-19 di RS PHC.

“Terima kasih banyak untuk PT Dharma Lautan Utama atas simpatinya kepada kami. Apalagi alat-alat APD ini langka, kami tim medis sangat membutuhkan. Selain mendapat sumbangan seperti iki kami juga dapat bantuan dari holding RS BUMN serta Kementerian BUMN,” kata Purwanti.

Disinggung soal kabar kekurangan APD yang sempat terjadi beberapa waktu lalu di RS PHC Surabaya, ia menampiknya.

Menurutnya meski tak banyak, tapi APD yang dimiliki PHC masih dalam kategori cukup. Karena itu pihaknya sangat membuka pintu bagi siapa saja yang ingin memberingan sumbangan serupa bagi para tenaga medisnya.

“Alhamdulillah kami tidak kekurangan, cukup lah. Tapi kami juga mempersilahkan bagi perusahaan-perusahaan seperti Dharma Lautan Utama ini untuk menyumbang APD kepada kami,” tandasnya.

Sekadar diketahui, di RS PHC Surabaya sendiri memiliki kapasitas bed sebanyak 77 bed. Khusus ruang ICU ada 7 bed, juga 17 bed di ruang isolasi khusus penanganan Covid-19.

Terkait jumlah pasien yang menempati ruang isolasi khusus ada 7 orang. Yang telah dinyatakan positif Covid-19 di PHC ada sebanyak 3 orang. Mereka adalah 2 laki-laki dan 1 perempuan dengan usia sekitar 30-40 tahun. (tok/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar