Politik Pemerintahan

PSU di TPS 009 Kloposepuluh Sukodono Sidoarjo Lancar

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019 yang digelar di TPS 009 Desa Kloposepuluh Kecamatan Sukodono Sidoarjo berjalan lancar dan kondusif, Sabtu (27/4/2019).

Masyarakat antusias mendatangi TPS 009 Desa Kloposepuluh mulai dibukanya PSU pukul 07.00 hingga ditutup pukul 13.00 Wib.

Pemungutan suara ulang ini dilakukan karena rekomendasi dari pihak Bawaslu Sidoarjo setelah melihat adanya video perusakan surat suara yang dilakukan oknum saksi partai politik tersebut.

Pihak Bawaslu sendiri melalui Gakumdu (penegakan hukum terpadu) yang unsurnya terdiri dari kepolisian, kejaksaan dan bawaslu sendiri sudah merekomendasikan ada unsur dugaan pidana pemilu.

“Karena ada dugaan unsur pidana pemilu, maka itu akan kami limpahkan ke kepolisian untuk segera di BAP,” kata Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar.

Ketua KPPS Eko (47), masyarakat ikut serta membantu kelancaran PSU, dan antusias warga ke TPS juga sangat tinggi. “Dari 263 pemilih yang masuk DPT sebanyak 160 pemilih ikut pencoblosan ulang. Sekitar 70 persen yang hadir,” tambah Eko merinci.

Pihak Kepolisian dan TNI bersiaga dilokasi PSU untuk menjaga suasana tetap kodusif dan pelaksanaan PSU berjalan lancar.

Tim Urkes Polresta Sidoarjo juga terus melakukan pemantauan dan pengecekan kesehatan, bukan saja terhadap anggota KPPS namun juga masyarakat.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Komisioner KPU Sidoarjo serta Komisioner Bawaslu Sidoarjo juga hadir dilokasi memantau jalannya pelaksanaan PSU di TPS 009.

Sementara itu Kapolresta Sidoarjo Kombes Zain Dwi Nugroho mengaku belum menerima limpahan kasus ini karena masih menunggu rapat pleno dari bawaslu sendiri.

Sehingga Polresta Sidoarjo juga belum bisa melakukan pemeriksaan terhadap saksi partai politik yang diduga melakukan perusakan surat suara. Namun Kapolresta mengakui, kasus ini ada dugaan pidana pemilu dan hukumannya bisa mencapai empat tahun.

“Kita menunggu setelah rapat pleno bawaslu kalau tidak hari ini, hari Senin, dan baru dilimpahkan ke Polresta Sidoarjo,” tegas Dwi Zain Nugroho.

Perlu diketahui, penyelenggara Pemilu melakukan PSU di TPS 009 Desa Kloposepuluh Sukodono menyusul telah terjadinya pengrusakan surat suara yang dilakukan oleh salah satu saksi Parpol saat Pemilu 2019 kemarin. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar