Politik Pemerintahan

Proyek Bronjong Sungai Banyuates Dihentikan Paksa

Lokasi proyek bronjong di Desa Jatra yang dihentikan

Sampang (beritajatim.com) – Pengerjaan proyek bronjong di tepi sungai Desa Jatra, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, dihentikan paksa. Penghentian tanpa ada pemberitahuan kepada pemerintahan desa setempat.

Penjabat (Pj) Kades Jatra, Bambang Joko Santoso saat dikonfirmasi membenarkan adanya penghentian paksa proyek tersebut. Sebab, sejak awal pihaknya tidak mengetahui kalau di desanya akan ada proyek bronjong.

Hal itu untuk menghindari adanya kegiatan tumpang tindih dengan program yang ada di desa sesuai hasil Musrenbangdes. Sehingga, siapapun yang melakukan pembangunan di desanya harus berkoordinasi minimal memberitahukan kepada perangkat desa setempat.

“Sebelumnya kami tidak menerima surat pemberitahuan dari dinas terkait, malahan saya tahu dari warga,” kata Bambang saat ditemui di rumahnya, Senin (20/7/2020).

Tak hanya pemerintahan Desa Jatra, sekitar 4 Juli 2020 kemarin pihaknya bersama Kades Trapang, juga mendatangi lokasi proyek serta bersama-sama meminta agar pengerjaan tidak dilanjutkan.

“Desa harus mengetahui dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan maupun pembangunan yang dilaksanakan. Baik program dari Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pemerinta Pusat,” imbuhnya.

Masih kata Bambang, mendengar adanya aksi penyetopan proyek tersebut, tak lama kemudian datanglah petugas untuk memberitahu adanya kegiatan pembangunan bronjong sekaligus meminta izin kepada pihak desa untuk melanjutkan pengerjaan.

“Karena sudah ada pemberitahuan dari pihak terkait, maka kami mengizinkan proyek itu dilanjutkan. Tetapi, dengan catatan harus menjaga kualitas proyek sesuai dengan RAB,” pungkasnya. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar