Politik Pemerintahan

Programkan Wirausaha Mandiri Berbasis Pesantren, Fauzi Ingin Cetak Santri Interpreneur

Sumenep (beritajatim.com) – Kabupaten Sumenep dikenal sebagai kota santri. Ada ratusan pesantren yang tersebar di daratan maupun kepulauan di wilayah Kabupaten Sumenep. Karena itu, tidak heran apabila salah satu calon Bupati Sumenep, Ach. Fauzi, memprgoramkan wirausaha mandiri berbasis pesantren sebagai salah satu program unggulan.

“Kami ingin melatih dan mendidik para santri untuk menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda kompeten. Kami ingin mereka bisa menjadi santripreneur atau pengusaha yang berjiwa enterpreneur,” kata Ach. Fauzi, Jumat (13/11/2020).

Bagi calon bupati Sumenep nomor urut 1 ini, santri di masa kini dituntut tidak hanya mendalami ilmu agama, tetapi juga mampu berwirausaha. “Santri tidak berarti hanya belajar soal agama. Tetapi juga perlu dibekali berbagai ilmu keahlian lain seperti wirausaha, teknologi hingga agrobisnis untuk menunjang masa depan santri agar mandiri,” ujarnya.

Menurut calon bupati yang berpasangan dengan Nyai Eva ini, apabila dirinya ditakdirkan memimpin Sumenep 5 tahun ke depan, program wirausaha mandiri berbasis pesantren merupakan salah satu program unggulannya.

“Membekali santri dengan pelatihan wirausaha, kami berharap ketika sudah selesai mondok, mereka akan mempunyai keterampilan sesuai dengan keahliannya,” tandasnya.

Bagi Fauzi, komitmen menciptakan santripreneur itu merupakan salah satu cara baginya untuk berterima kasih kepada pesantren. “Kami berharap akan muncul santripreneur, atau bahkan santri yang technopreneur, agropreneur hingga sociopreneur,” jelasnya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar