Politik Pemerintahan

Program PISEW di Sidoarjo Segera Terealisasi

Sidoarjo (beritajatim.com) – Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tingkat pedesaan, program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) berupa pembangunan jalan antar desa di Sidoarjo, segera direalisasikan.

Penegasan itu disampaikan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Bambang Haryo Soekartono. Pembangunan jalan paving lintas desa, seperti antara Desa Pekarungan dengan Desa Pademonegoro dan Desa Suruh di Kecamatan Sukodono, segera dikerjakan.

“Program pembangunan jalan antar tiga desa harus terealisasi tahun ini,” kata Bambang Haryo Sukartono saat berkunjung ke Balai Desa Pekarungan, Selasa (9/4/2019).

Anggota Fraksi Gerindra ini menjelaskan, program PISEW ini merupakan inisiasinya sebagai anggota Banggar DPR RI dengan Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR). Bantuan program PISEW diperuntukkan bagi ribuan desa di seluruh Indonesia.

Khusus di Sidoarjo ada 14 titik program PISEW. Dengan nilai masing-masing Rp 600 juta per titik. “Program ini diharapkan bisa meningkatkan produktifitas petani. Apalagi, para petani sangat membutuhkan jalan paving antar pedesaan,” imbuh anggota Komisi V DPR RI tersebut.

Caleg DPR RI No 1 di Dapil I Jatim (Surabaya-Sidoarjo) itu menyebutkan, selain jalan antar 3 yakni Desa Pekarungan, Desa Pademonegoro dan Desa Suruh, Kecamatan Sukodono, juga ada jalan penghubung antar Desa Terungwetan dan Desa Keboharan, Kecamatan Krian.

Selain itu, juga ada jalan antar Desa Candinegoro, Desa Plaosan dan Desa Pager Ngumbuk, Kecamatan Wonoayu. “Kalau jalan sudah dibangun maka setiap desa yang memiliki jalan tembus itu harus punya target pertumbuhan ekonomi desanya masing-masing,” jelasnya menutup. [isa/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar