Politik Pemerintahan

Program ‘Ngramut Tonggo’ Siap Salurkan Beras ke Warga Lumajang Terdampak Ekonomi Akibat Covid-19

Lumajang (beritajatim.com) – Program ‘Ngeramut Tonggo’ yang diinisiasi oleh Pemkab Lumajang bersama sejumlah komunitas anak muda terus menerima aliran bantuan beras dari berbagai pihak. Untuk pendistribusian dilakukan pengecekan by name by addres apakah memang terdampak dari wabah covid-19.

“Program ini kita yang mengecek pendistribusian agar tidak ada warga yang sudah menerima, mendapat lagi,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq pada wartawan, Minggu (12/4/2020).

Masih kata dia, tidak semua warga Lumajang menerima, karena akan dilakukan pengecekan oleh Dinas Sosial melalui Kecamatan, desa dan kelurahan. Apakah memang warga tersebut terdampak ekonomi oleh covid-19.

“Contohnya pedagang kaki lima, buruh asal tidak terdaftar diprogram seperti PKH, atau tentang kemiskinan lainnya,” jelasnya.

Ngeramut Tonggo dalam pendistribusian berbasis data, warga bisa mendaftar di GOR Wira Bahkati atau di kecamatan jika memang terdampak. Kemudian akan dilakukan verifikasi untuk dikirim bantuan. “Yang sudah menerima, tidak akan menerima lagi,” punkasnya.

Bantuan yang disampaikan ke Posko Ngeramut Tonggo dikelola oleh Dinas Sosial sudah mencapai 29 ton beras. Bahkan ada 200 buah paket sembako dari pengusaha. (har/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar